Pemprov DKI Siap Gelontorkan Dan Rp 1,55 Triliun untuk Bansos Tunai Selama Enam Bulan

Pemprov DKI Siap Gelontorkan Dan Rp 1,55 Triliun untuk Bansos Tunai Selama Enam Bulan
Dana Bantuan Tunai (Ilustrasii)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 2 Januari 2021 21:37 WIB
terasjakarta.id


Dana senilai Rp 1,55 triliun disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. Hal ini terjadi setelah  Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD DKI Jakarta sepakat soal besaran dana yang akan digelontorkan

Dana sebesar Rp 1,55 triliun itu berasal dari Belanja Tidak Terduga (BTT) di APBD 2021 untuk bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak Covid-19 di tahun 2021. Bansos ini, akan diberikan dalam bentuk bantuan sosial tunai (BST), bukan lagi dalam bentuk paket sembako.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Edi Sumantri. Ia menjelaskan,  dana BTT juga akan dialokasikan kepada Dinas Sosial DKI Jakarta untuk menjalankan program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebagai upaya membantu perekonomian masyarakat Ibukota. Adapun nilai yang disepakati bersama DPRD DKI, sebesar Rp 1,55 triliun.

"Pengalihan anggaran BTT ke Dinas Sosial Rp 1,55 triliun,” kata Edi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya telah sepakat dengan pemerintah pusat bahwa bansos bagi warga terdampak Covid-19 pada Tahun 2021 akan diberikan dalam bentuk tunai dengan nominal masing-masing penerima Rp 300.000. Nantinya, uang bansos ini ditransfer langsung melalui Bank DKI kepada penerima selama 6 bulan, mulai Januari 2021.

"Alhamdulillah semua sepakat bansos 2021 dalam bentuk sosial tunai. Jadi dalam bentuk uang nanti akan disampaikan langsung kepada warga yang mendapatkan bantuan," ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Ariza mengatakan jumlah penerima BST bakal tidak berbeda jauh dengan jumlah penerima pada tahun 2020. Namun, dia memprediksikan jumlah penerima berkurang karena aktivitas ekonomi masyarakat sudah mulai berjalan. (don)

Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan dana Rp 1 55 triliun untuk membantu warga terdampak COVID-19 dalam bentuk bantuan sosial Tunai bukan lagi paket sembako.

Loading...

Related Post