Lima Jenis Buah Sebaiknya Tak Disimpan Dalam Kulkas

Lima Jenis Buah Sebaiknya Tak Disimpan Dalam Kulkas
Jeruk nipis (ist)
Editor : Potan Jakarta Food — Sabtu, 2 Januari 2021 11:15 WIB
terasjakarta.id

Lemari pendingin atau biasa disebut kulkas hampir semua warga memiliki. Keberadaan kulkas sangat diperlukan sebagai tempat menyimpan bahan makan sayur dan buah-buahan.

Mengonsumsi buah dalam keadaan dingin memang akan menambah kesegarannya. Sebelum diolah, bahkan beberapa buah akan dibekukan terlebih dahulu.

Namun pada dasarnya tidak semua buah boleh disimpan dalam kulkas. Dilansir dari Mashed, ada 5 jenis buah sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas atau dibekukan:

1. Jeruk Nipis

Serupa dengan lemon, jeruk nipis bisa saja dibekukan tetapi hanya air perasannya bukan sebagai buah utuh. Air perasan jeruk nipis yang dibekukan ini tetap bisa digunakan untuk berbagai tujuan.

Menyimpan jeruk nipis memang cukup rumit karena teksturnya yang mudah kering dibandingkan dengan lemon atau jeruk jenis lainnya. Membekukan air perasaan jeruk nipis dinilai membuat jeruk nipis akan lebih awet dibandingkan dengan menyimpannya secara utuh.

2. Semangka

Semangka menjadi buah lain yang tinggi kandungan air. Buah dengan kandungan air yang tinggi jika dibekukan akan menjadi lembek ketika didiamkan pada suhu ruang terlalu lama.

Sama halnya dengan melon, semangka yang telah dibekukan jika dicairkan kembali akan menghasilkan tekstur yang sangat lembek. Semangka beku lebih baik dikonsumsi sebagai smoothie, es atau sorbet.

3. Mentimun 

Mentimun masih datang dari keluarga yang sama seperti melon. Perbedaannya terletak pada rasanya yang tidak semanis melon madu atau melon merah.

Mentimun yang dibekukan akan bagus jika diolah menjadi smoothie. Namun hindari membiarkannya di suhu ruang terlalu lama karena akan merusak serat yang ada di dalamnya dan membuat mentimun kehilangan tekstur.

4. Melon
Melon mengandung air yang sangat tinggi. Baik melon hijau maupun melon yang berwarna oranye, jenis buah ini akan cenderung rusak bila dibekukan.

Melon yang telah dibekukan akan bertahan paling lama 10 menit untuk tetap dalam kualitas yang bagus. Melon yang telah dibekukan kemudian dibiarkan pada suhu ruang lebih dari 30 menit, akan menghasilkan melon yang sangat berair dan menghilangkan teksturnya.

5. Tomat

Tomat akan menjadi buah terburuk jika dibekukan. Kecuali tomat memang sengaja dibekukan untuk membuat sup, saus atau salsa tomat untuk campuran dalam masakan.

Tomat menjadi buruk ketika setelah dibekukan lagi-lagi disebabkan karena kandungan airnya yang terlalu tinggi. Tomat akan menjadi lebih lembek dan lebih mudah hancur jika setelah dibekukan dibiarkan pada suhu ruang hingga mencair.

Lima Jenis Buah Kulkas

Loading...

Related Post