Mulai Hari Ini Hingga 14 Januari 2021, Indonesia Tertutup Bagi WNA

 Mulai Hari Ini Hingga 14 Januari 2021, Indonesia Tertutup Bagi WNA
Sejumlah Warga Negara Asing (WNA) diarahkan untuk karantina menuju hotel saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (29/12/2020) (liputan6.com)
Editor : Donald Berita Anda — Jumat, 1 Januari 2021 00:16 WIB
terasjakarta.id


Pemerintah  Indonesia menutup semua akses masuk bagi kedatangan warga negara asing (WNA) mulai 1 Januari  hingga 14 Januari 2021. Langkah ini unntk mencegah  masuknya varian baru Covid-19

 Sebelumnya,  WNA yang  masuk Indonesia itu, hingga Kamis (31/12/2020), dilakukan proses karantina terhadap seluruh penumpang rute internasional yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten selama lima harii.

Kepala Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Pas. M.A. Silaban mengatakan koordinasi dilakukan di antara berbagai instansi guna kelancaran proses karantina tersebut. “Kami terus melakukan pembaruan terhadap hotel-hotel yang menjadi lokasi karantina agar dapat menampung seluruh penumpang pesawat internasional yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Karantina dilakukan di hotel yang diutamakan terletak di wilayah Jakarta dan Tangerang," ujarnya, Kamis (31/12/20)

Menurut Silaban, sebelum ketentuan WNA dilarang masuk Indonesia diberlakukan, seluruh proses kedatangan internasional berjalan dengan lancar. Mulai dari penumpang turun dari pesawat hingga keluar imigrasi dan bea cukai dan menuju bus untuk ke lokasi karantina semuanya lancar.

Ia menegaskan, Satgas Udara Penanganan Covid-19 juga berkoordinasi penuh dengan Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) terkait ketersediaan kamar hotel untuk karantina. Kolonel Pas. M.A. Silaban menegaskan WNI dibebaskan dari biaya akomodasi untuk karantina, sementara itu WNA diharuskan menggunakan biaya sendiri. Adapun lamanya karantina adalah lima hari.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan dukungan penuh diberikan agar seluruh kebijakan terkait pencegahan Covid-19 dapat diterapkan ketat di Bandara Soekarno-Hatta. “Kami berkoordinasi intensif dengan seluruh pihak agar seluruh fasilitas dan pelayanan dapat mendukung penerapan ketentuan karantina bagi WNA pada 28–31 Desember 2020, dan juga ketentuan penutupan sementara masuknya WNA ke Indonesia pada 1–14 Januari 2021,” ujar Agus Haryadi.

, Agus Haryadi mengatakan operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dipastikan berjalan lancar. Adapun mulai Jumat (1/1/2021) hingga sepekan lamanya, WNA dilarang masuk ke Indonesia sesuai dengan Surat Edaran 04/2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19.  (don)

Pemerintah Indonesia menutup semua akses masuk bagi kedatangan warga negara asing (WNA) mulai 1 Januari hingga 14 Januari 2021. Langkah ini unntk mencegah masuknya varian baru Covid-19.

Loading...

Related Post