Ada FPI Format Baru Menyusul Pembubaran Front Pembela Islam, Polisi Serahkan ke Kementerian

Ada FPI Format Baru Menyusul Pembubaran Front Pembela Islam, Polisi Serahkan ke Kementerian
ist
Editor : Potan News — Kamis, 31 Desember 2020 15:30 WIB
terasjakarta.id

Hanya dalam beberapa jam Front Pembela Islam (FPI) dilarang pemerintah, FPI format dengan nama Front Perjuangan Islam (FPI) baru muncul di Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Organisasi baru ini didirikan tak lama setelah pemerintah membubarkan Front Pembela Islam pimpinan Habib Rizieq Shihab (HRS), Rabu (30/12/2020).

Terkait munculnya FPI dengan format baru, Mabes Polri angkat bicara. Melalui Karo Penmas Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menyampaikan saat ini Polri hanya fokus untuk pelarangan kegiatan dan penggunaan atribut dengan atas nama ormas Front Pembela Islam (FPI).

"Keputusan bersama tentang larangan kegiatan, penggunaan simbol dan atribut serta penghentian kegiatan Front Pembela Islam. Jadi hanya menyangkut FPI saja," kata Brigjen Rusdi kepada wartawan, Kamis (31/12/2020).

Polri, kata dia, bukan berada di domain untuk melarang perizinan munculnya ormas-ormas baru dengan nama yang mirip FPI.

Nantinya, hal itu diserahkan kepada kementerian dan pihak terkait yang mengurusi soal perizinan ormas.

"Nanti ada instansi yang menangani itu. Bukan domain Polri mengenai masalah perizinan organisasi kemasyarakatan," ujar Rusdi.

Diberitakan sebelumnya, Pernyataan mantan Sekretaris Jenderal Front Pembela Islam (FPI) Novel Bamukmin kalau FPI dibubarkan orang-orangnya akan bikin organisasi lain ternyata ada benarnya.

Di Ciamis muncul Front Perjuangan Islam (FPI) yang didirikan oleh KH Wawan Malik Marwan.

Pembubaran Front Pembela Islam oleh pemerintah, ujar Wawan, tak lantas menghentikan perjuangan mereka menegakkan dalam menegakkan yang ma'ruf dan menentang yang munkar. (adt)

Ada FPI Format Baru Pembubaran Front Pembela Islam Polisi Serahkan ke Kementerian

Loading...

Related Post