Ingat, Mulai Pukul 18.00 WIB Sore nanti Jalur Puncak Ditutup, Ini Jalur Alternatif Jika Ingin ke Bandung

 Ingat, Mulai Pukul 18.00 WIB Sore nanti  Jalur Puncak Ditutup, Ini Jalur Alternatif Jika Ingin ke  Bandung
Jalur Puncak (Sumber Foto dok/ist Ilustrasi)
Editor : Donald Berita Anda — Kamis, 31 Desember 2020 11:37 WIB
terasjakarta.id



Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy mengatakan, pihaknya akan menutup jalur lalu lintas menuju ke kawasan  Puncak pada malam Tahun Baru 2021. Penutupan akan  dimulai pada 31 Desember 2020 pukul 18.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2021 pukul 06.00 WIB.

Makanya, kata Kapolres, Bagi masyarakat yang akan ke Cianjur atau Bandung agar melalui jalur alternatif. Melalui, jalur Cibubur-Cianjur (via Jonggol). Rutenya, Cibubur-Transyog -Cikalong lalu Cianjur dan diteruskan ke Bandung. “Rute kedua, yakni via Sukabumi. Rutenya, Ciawi- Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi- Cianjur,” tukasnya.

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy menjelaskan, para pengendara sebaiknya dapat menggunakan jalur alternatif sehingga terhindar dari kemacetan atau saat penutupan lalin saat Tahun Baru.

Setiap musim libur panjang, ujarnya,  setiap harinya lalu lintas di Jalur Puncak kerap macet. Untuk itu, Polres Bogor menyarankan agar pengendara dengan tujuan Cianjur, Bandung, dan Cimahi bisa menggunakan dua jalur alternatif lain yakni Jonggol dan Sukabumi.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor, Iptu Dicky Anggi Pranata, mengingat kepadatan jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor pada libur Natal dan akhir pergantian tahun jalur Puncak padat.

"Saya menyarankan agar tidak melalui jalur Puncak. Sebaiknya melalui jalur exit (keluar) di Cibubur, kemudian tembus di Jonggol, kemudian tembus di Cianjur," kata Dicky.

Untuk waktu tempuh Jakarta hingga Cianjur via Jonggol dapat dilalui dengan waktu sekitar 2 jam 45 menit.

Alternatif kedua, yaitu melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, melintasi Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, kemudian tembus di Cianjur, sehingga tidak ikut menumpuk dengan kendaraan yang bertujuan ke tempat wisata di kawasan Puncak Bogor.

Untuk waktu tempuh, via Sukabumi diperkirakan memakan waktu 3 jam 41 menit.

"Jadi tidak akan terjadi penumpukan rute-rute panjang bergabung dengan rute yang memang menuju tempat wisata," papar Dicky.

Menurut dia, Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) dengan jadwal pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan ke atas atau Jakarta menuju Puncak/Cianjur dan siang hingga sore dengan memprioritaskan kendaraan dari arah Puncak mengarah Jakarta/Bogor sebelum jalur akan ditutup total pada pukul 18.00 WIB

“Jadwal tersebut masih bersifat tentatif. Kami memberlakukan sistem one way melihat kondisi di lapangan,” ujarnya.

Tak Ada Perayaan Tahun Baru di Puncak

Sementara itu, pemerintah Kabupaten Bogor akan melakukan berbagai pembatasan di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, saat libur akhir tahun dan pada malam pergantian tahun baru sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Satpol PP akan melakukan pengawasan protokol kesehatan di lokasi wisata puncak.

Warga masyarakat yang memiliki rencana libur akhir tahun atau merayakan malam pergantian Tahun Baru di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, siap-siap harus kecewa. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan membatasi wisatawan yang akan berlibur ke Puncak.

Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agusridallah mengatakan, pembatasan aktivitas warga luar Bogor dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19. “Sesuai dengan arahan pusat untuk libur panjang, satgas di seluruh daerah akan kita persiapkan, khususnya di kawasan wilayah pariwisata akan menjadi konsentrasi kita di libur panjang,” ujar Agus, Selasa (15/12).

Menurut Agus, langkah ini diambil  sebagai upaya antisipasi pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19. Agus menegaskan, pemerintah tak boleh lengah, agar penyebaran kasus Covid-19 dapat ditekan khususnya pada saat libur panjang di penghujung 2020.

Konsepnya, kata dia, seperti libur panjang libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad pada 28-30 Oktober 2020 lalu. Untuk itu, Agus meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menggelar tes cepat Covid-19 yang ketiga untuk wisatawan di kawasan Puncak.

Selain itu, Satpol PP akan melakukan pengawasan protokol kesehatan di lokasi wisata. Rencananya, kata Agus, Satpol PP membuka posko di kawasan Puncak. Pada malam Tahun Baru 2021,  jelasnya, Jalur Puncak ditutup. Hal ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Bogor. “Untuk masalah pengaturan lalu lintas kami akan berkoordiasi dengan pihak kepolisian,” pungkas Agus. (don)

Arus lalu lintas menuju dan dari kawan Puncak Bogor akan ditutup total mulai 31 Desember 2020 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januri 2021 pagi

Loading...

Related Post