Sejumlah Pondok Pesantren Diduga Berafiliasi Dengan Teroris JI

Sejumlah Pondok Pesantren Diduga Berafiliasi Dengan Teroris JI
ist
Editor : Potan News — Kamis, 31 Desember 2020 09:42 WIB
terasjakarta.id


Polri menyatakan sejumlah pondok pesantren diduga kuat telah berafiliasi dengan jaringan teroris Jamaah Islamiyah. Demikian ditegaskan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Menurut Rusdi, pondok pesantren itu diduga kuat menjadi salah satu penyalur santri yang akan menjadi generasi muda JI. Pondok pesantren yang masih menjadi pengawasan tim Densus 88.

"Jadi pondok pesantren yang berafiliasi dengan Jamaah Islamiyah tentunya dikatakan densus 88 bahwa memetakan ini semua dengan kegiatan-kegiatan intelijen. Senantiasa melakukan pengawasan beberapa pondok pesantren yang diduga kuat berafiliasi dengan JI," kata Rusdi, Kamis (31/12/2020).

Ia mengatakan pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk melakukan pengawasan terhadap pondok pesantren tersebut.

Namun, Rusdi enggan membeberkan lebih lanjut ihwal rincian pondok pesantren yang dicurigai berafiliasi dengan jamaah Islamiyah.

"Jadi ditanyakan apakah pondok pesantren itu di Jawa atau di luar Jawa, kenyataannya memang ada di Jawa dan juga di luar Jawa seperti itu. Yang pasti rekan-rekan densus 88 telah memetakan pondok pesantren-pondok pesantren yang diduga berafiliasi dengan JI," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) diduga telah menggelar operasi perekrutan generasi muda sejak 2011 lalu. Total ada 7 angkatan yang berhasil bergabung ke organisasi terlarang tersebut.

JI sendiri memang sengaja mengincar santri sejumlah pondok pesantren yang berprestasi dengan peringkat prestasi minimal 10 besar. Namun juga, ada santri yang dilihat dari mentalnya. (adt)



Pondok Pesantren Diduga Berafiliasi Teroris JI

Loading...

Related Post