Hampir 100 Persen Siswi di Depok Tak Perawan, Begini Saran Komnas Perempuan

Hampir 100 Persen Siswi di Depok Tak Perawan, Begini Saran Komnas Perempuan
ilustrasi (ist)
Editor : Potan News — Selasa, 29 Desember 2020 14:29 WIB
terasjakarta.id

Komnas Perempuan mendorong sekolah mengadakan pendidikan seksual yang lebih komprehensif. Hal itu disampaikan sebagai tindak lanjut hasil temuan yang menyebut lebih dari 90 persen pelajar di Kota Depok hilang keperawanan.

Sebelumnya hasil survei Komnas Perlindungan Anak yang menyatakan 93,8 persen dari 4.700 siswi SMP/SMA di Depok, Jawa Barat, yang mengaku pernah berhubungan seksual.

Komisioner Komnas Perempuan Alimatul Qibtiyah mengatakan, dorongan ini menjadi penting karena ada banyak perkara hubungan lawan jenis yang perlu dipahami siswa dan siswi di usia remaja. Termasuk menghindari kekerasan dalam pacaran sampai hubungan yang tidak sehat.

"Perilaku berisiko yang sering dilakukan relasi pacaran kalau terjadi, dampak terburuk yang diemban pada perempuan, karena adanya kehamilan yang tidak diinginkan," kata Alimatul, seperti dikutip CNN Indonesia, Senin (28/12/2020) kemarin.

Sementara menurut pemahamannya sebagai ahli di bidang kajian gender dan pendidikan seksualitas, masyarakat Indonesia masih menganggap pendidikan seksual di sekolah artinya mendorong kegiatan seksual aktif.

Padahal menurut riset yang dilakukan di negara dengan pendidikan seksual di sekolah, sambung Alim, siswa dan siswi cenderung mengurungkan niat melakukan hubungan seksual setelah mendapat pengetahuan yang komprehensif.

"Ketika anak mendapat pendidikan seksual, justru mereka akan semakin menunda [aktivitas] seksual aktifnya. Lah ini yang kadang-kadang agak susah untuk dipahami," ujarnya.

Menurutnya, anak di bawah umur yang melakukan hubungan seksual justru umumnya karena tidak memiliki pendidikan terhadap dampak dan risiko yang dapat ia alami, baik secara sosial, budaya, norma dan agama.

Ia menjelaskan pendidikan seksual komprehensif yang dimaksud meliputi hubungan seksual dan risikonya, cara berkomunikasi yang baik, kesadaran akan industri seks dan pornografi, sampai cara berhubungan yang sehat dan setara.

Hampir 100 Persen Siswi Depok Tak Perawan Komnas Perempuan

Loading...

Related Post