Museum "Sisa Hartaku", Melihat Dahsyatnya Erupsi Gunung Merapi

Museum
ist
Editor : Potan Traveling — Senin, 28 Desember 2020 20:42 WIB
terasjakarta.id


Yogyakarta tidak hanya kaya akan wisata alamnya yang begitu indah, tapi juga wisata sejarah dan budayanya. Salah satu wisata sejarah di Jogja yang wajib kamu kunjungi yaitu Museum Sisa Hartaku.

Dark Tourism ini akan mengajak pengunjung untuk mengingat, atau bahkan merenungkan kembali kedasyatan bencana erupsi Gunung Merapi.

Yah, Museum Sisa Hartaku ini dibangun untuk mengenang keganasan erupsi Gunung Merapi pada bulan November 2010.

Jika kita menilik kembali pada kejadian erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, kita akan teringat betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi kala itu. Lava pijar yang dimuntahkan gunung ini bahkan berhasil meluluhlantakkan seluruh kawasan di daerah Sleman.

Letusan ini juga berhasil memakan korban hingga 200 orang dengan 800 orang lainnya luka-luka. Muntahan abu panas Merapi saat itu juga berhasil membumihanguskan apa saja, tanpa terkecuali.

Rumah-rumah, sawah, dan ladang warga terselimuti abu tebal dan hitam. Ternak, seperti domba, sapi, kerbau, dan kambing juga banyak yang tewas akibat gas beracun. Beberapa benda-benda perabotan rumah tangga juga banyak yang meleleh.

Nah, dari beberapa sisa harta masyarakat pasca letusan Gunung Merapi ini kemudian dikumpulkan dan dibangun menjadi sebuah museum bernama Museum Sisa Hartaku.

Di museum ini, kamu akan menemukan beberapa foto kejadian saat gunung ini meletus. Di sana juga terdapat beberapa fosil hewan ternak yang mati serta benda-benda peninggalan warga.

Dari museum Merapi ini, kamu akan turut merasakan betapa pedihnya bencana letusan Merapi kala itu. Kamu juga akan mendengar kembali kisah dahsyatnya letusan Merapi yang memakan banyak korban itu. Dengan begitu, kamu akan menyadari bahwa alam tidak pernah main-main, sehingga wajib kamu jaga dengan baik.

Museum Sisa Hartaku juga diberi nama The House of Memory. Namun, kini lebih dikenal dengan sebutan Museum Sisa Hartaku. Museum Sisa Hartaku merupakan rumah milik Sriyanto.

Seperti namanya, museum ini menyimpan berbagai harta benda, sisa keganasan erupsi Merapi 2010. Museum Sisa Hartaku berdiri di atas bangunan berupa rumah, dengan tembok-tembok yang tampak seperti bekas terbakar. (adt)

Museum Sisa Hartaku Melihat Dahsyatnya Erupsi Gunung Merapi

Loading...

Related Post