Warga Jawa Barat Diminta Waspada Potensi Bencana Desember Hingga Januari 2021

 Warga Jawa Barat Diminta Waspada Potensi Bencana Desember Hingga Januari 2021
Nova.gird.id
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 26 Desember 2020 12:40 WIB
terasjakarta.id


 

Warga Jawa Barat diminta untuk mewaspadai segala kemungkinan  bencana  yang bisa terjadi dengan kondisi cuaca mulai  dari menjelang pergantian tahun baru ini hingga awal Tahun baru 2021 mendatang.

Peringatan ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Mereka  memprediksi, potensi curah hujan bulanan di Jawa Barat pada Desember hingga Januari 2021 masih tinggi. Warga yang beraktivitas di luar rumah pun diminta waspada akan bencana.

Kepala BMKG Fachri Rajab mengatakan, curah hujan di Jabar, dilihat dari sisi intensitasmya, masih dalam kategori lebat dan sangat lebat

"Kalau dari sisi intensistas kategori lebat artinya lebih dari 55 milimeter dalam sehari bahkan sangat lebat lebih dari 155 milimeter dalam sehari,"  ujarnya.

Ia menjelaskan, secara umum di wilayah lain, hampir sama, puncak musim hujan atara periode Desember ke Januari 2021 kecuali wilayah Maluku dan Sulawesi Selatan bagian timur. Puncak hujan di sana pada Mei 2021.

Sementara terkait dengan fenomena La Nina, sampai sekarang masih terdeteksi aktif. La Nina, kata dia, diperkirakan akan berlangsung sampai Maret 2021 dan puncaknya terjadi pada Maret.

"Kemudian Januari nanti mulai menurun sampai hilang yang diperkirakam pada bulan Maret," ujar dia.

Facri menyebut, informasi cuaca memamg ada potensi bencana hidrometrologi. Karenanya, bagi masyarakat yang masih banyak beraktivitas di luar ruangan, perlu meningkatan kewaspadaan.

Hujan dan Petir di kawasan Selatan Jakarta

 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) juga memprediksi wilayah administratif Jakarta Selatan Jakarta Timur , hingga Jakarta Barat akan diguyur hujan disertai petir , Sabtu (26/12/2020) sore ini.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah singkat di wilayah Jakbar, Jaksel, dan Jaktim pada siang dan sore hari," tulis BMKG dalam peringatan dininya

Pada pagi hari, cuaca di DKI Jakarta diramalkan bersahabat dengan cerah dan berawan. Hanya wilayah Kepulauan Seribu yang diperkirakan mengalami hujan ringan.

Hujan akan mengguyur Jakarta pada siang hari. Hujan ringan disertai petir diprediksi akan berlangsung di Jaksel dan Jaktim.

Pada malam hari seluruh wilayah Ibu Kota akan berlangsung berawan. Pun dengan kondisi cuaca dini hari. BMKG hanya memprediksi hujan ringan hanya mengguyur Jakut dan Kepulauan Seribu.

Adapun suhu udara berkisar 23-33 derajat celcius dengan kelembapan udara mencapai 100 persen. (don)

 

 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan bulanan di Jawa Barat pada Desember hingga Januari 2021 masih tinggi. Warga yang beraktivitas di luar rumah pun diminta waspada akan bencana

Loading...

Related Post