Dalam Tahanan, Habib Rizieq Cukur Habis Rambutnya

Dalam Tahanan, Habib Rizieq  Cukur Habis Rambutnya
Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab mencukur rambutnya.Foto/Istimewa
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 26 Desember 2020 11:56 WIB
terasjakarta.id



Sebuah foto beredar di media sosial  memperlihatkan kalau  Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mencukur habis rambutnya. Dalam foto itu juga terlihat Habib Rizieq sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya .

 

Terkait kebenaran foto ini, diakui oleh  Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar. Ia  membenarkan bahwa Habib Rizieq mencukur habis rambutnya.

 

Aziz menjelaskan, hal itu atas permintaan pribadi Habib Rizieq."Itu atas permintaan Habib Rizieq Shihab sendiri," kata Aziz Yanuar saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Menurut Aziz, Habib Rizieq memang kerap mencukur habis rambutnya setiap beberapa pekan. Hal itu dilakukannya sejak menetap di Arab Saudi. 

 
Aziz menuturkan, di dalam tahanan Habib Rizieq meminta kepada petugas kepolisian untuk mencukur rambutnya tersebut. Pasalnya, alat cukur yang dipakai juga berasal dari pihak keluarga. "Minta tolong petugas (mencukur). Bahkan itu alat cukur dan pisau dari keluarga," ucap Aziz.

 

Makanan Habib Rizieq Diperiksa Dokter

 

Sementara itu, Polri  sepertinya tak mau mengambil resiko terkait kondisi kesehatan Habib Rizieq Shihab yang kini berada dalam tahanan polisi. Guna menjaga  kondisi kesehatan Habib Rizieq Shihab (HRS) didalam tahanan Narkoba Polda Metro Jaya, Bidokkes Polda Metro Jaya melakukan security food

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, pemeriksaan makanan atau security ini dilakukan untuk seluruh makanan yang dibawa oleh pihak keluarga dan juga dari kepolisian. "Semua makanan kita lakukan security food sebelum diberikan kepada Rizieg. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Argo Yuwono, Kamis (24/12). 

Dikatakan, security food yang dilakukan oleh Bidokkes Polda Metro Jaya disaksikan langsung oleh si pembawa makanan, untuk memastikan makanan tersebut layak dan sehat. 

“Memenuhi standart apa tidak (makanan), disaksikan langsung oleh yang bawa saat dilakukan pemeriksan. Jadi benar-benar transparan,” tukas Argo. 

Tidak hanya itu, Bidokkes juga melakukan pengecekan berkala terhadap kondisi kesehatan Rizieq Shihab selama berada di dalam tahanan. 

"Semua tahanan kita pastikan akan dilakukan  pengecekan kesehatan, termasuk HRS secara berkala kita cek kondisi kesehatannya," tukasnya.

Tersangka HRS resmi ditahan usai diperiksa Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, pada Sabtu (12/12/2020) lalu. Penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan sejak tanggal 12 hingga 31 Desember 2020 mendatang. 

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu, dijerat polisi melanggar Pasal 160 KUHP, Pasal 216 KUHP tentang penghasutan dan Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan dengan ancaman 6 tahun penjara.

Seperti diketahui, Habib Rizieq Shihab beberapa waktu lalu menyatakan  enggan memakan makanan dari polisi dipenjara, lantaran takut. 

Ketua Badan Hukum FPI, Sugito Atmo Prawiro menyatakan bahwa pihak keluarga mengirimkan makanan buatan rumah kepada Habib Rizieq. Menurutnya, selain rasanya yang lebih cocok, makanan tersebut diklaim lebih aman dikonsumsi ketimbang menyantap sajian yang disiapkan polisi.

“Ada kekhawatiran dan ada ketakutan tersendiri dari beliau. Jadi, semua makanan harus dikirim dari rumah atau dari lawyer (pengacara). Itu saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia memastikan bahwa Habib Rizieq tetap menerima makanan yang diberikan polisi. Namun, makanan tersebut ia berikan kepada tahanan lain.

“Di situ kan banyak tahanan lainnya, jadi bisa dikasihkan ke yang lainnya,” terangnya.

Sementara itu, kabar Habib Rizieq enggan menyantap masakan pemberian polisi memicu pertanyaan besar. Mungkinkah Habib Rizieq akan dijahati polisi dengan diracun. 

Sugito pun mengatakan ada kecenderungan ke arah sana. “Habib Rizieq bukan menolak, tetapi jaga-jaga sajalah, khawatir saja,” katanya. (Don)

 

 

Sebuah foto beredar memperlihatkan penampilan terbaru Habib Rizieq Shihab dalam tahanan Polda Metro Jaya. Habib Rizieq mencukur habis rambutnya.

Loading...

Related Post