PSI Sebut Gaji DPRD DKI Naik, Kemendagri: Malah Turun Dibanding Tahun Lalu

PSI Sebut Gaji DPRD DKI Naik, Kemendagri: Malah Turun Dibanding Tahun Lalu
Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri, Bahri (ist) 
Editor : Potan Rumah Rakyat — Rabu, 23 Desember 2020 10:41 WIB
terasjakarta.id

Isu kenaikan tunjangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta terjawab sudah. Polemik itu muncul pertama kali disampaikan oleh Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI.

Bagaimana tidak, ditengah pandemi Covid-19 disebutkan DPRD DKI menaikan gaji. Bahkan gaji dan tunjangan dewan yang masuk ke dalam rencana kerja tahunan (RKT) 2021 DKI itu dianggarkan sebesar Rp 888 miliar.

Namun ternyata tuduhan itu bertolak belakang dengan pandangan pemerintah pusat. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membantah bahwa RKT DPRD DKI Jakarta tahun 2021 ada kenaikan. Sebaliknya RKT DPRD DKI 2021 justru ada penurunan dibanding tahun 2020.

"Jadi kalau 2020 itu dianggarkan sebesar Rp 153 miliyar. Untuk 2021, setelah isu ini muncul justru jadi Rp 152 miliar. Artinya tidak naik dan dilakukan penyesuaian," kata Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri, Bahri, dikutip RMOLJakarta, Selasa (22/12/2020).

"Artinya dokumen yang kami terima terhadap usulan itu lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi ada penurunan sekitar Rp. 411 Juta," sambungnya. 

Dengan penjelasan tersebut, secara otomatis membantah telak isu liar yang selama ini beredar dan menimbulkan polemik.

Adapun DPRD DKI Jakarta bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menyepakati besaran pagu anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 sebesar Rp 84,19 triliun.

Anggaran ini naik Rp 1,69 triliun dari memorandum of understanding (MoU) kebijakan umum anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD DKI Jakarta 2021.

"APBD 2021 tetap sebesar Rp 84,19 Triliun. Cuma beberapa dilakukan penyesuaian. Yang kita temukan tidak sesuai kita masukan ke BTT," pungkasnya. 





PSI Gaji DPRD DKI Naik Kemendagri Malah Turun Dibanding Tahun Lalu

Loading...

Related Post