Ini Rencana Gebrakan Awal Risma Setelah Dilantik Jadi Menteri Sosial

Ini Rencana Gebrakan Awal Risma Setelah Dilantik Jadi Menteri Sosial
Tri Rismaharini (Tribunnews.com)
Editor : Donald Berita Anda — Rabu, 23 Desember 2020 00:06 WIB
terasjakarta.id


Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah menyiapkan gebrakan setelah dirinya dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial pada Rabu (23/12). Ia akan memperbaiki kembali data penerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

 

Hal ini disampaikan Risma di Istana Negara usai pengumuman enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12).
"Program kami yang pertama adalah perbaikan data untuk penerima bantuan. Kami akan kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri terutama terkait data kependudukan dan perguruan tinggi yang ada di wilayah masing-masing,"  ujarnya.


Risma didapuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Peter Batubara. Juliari diketahui menjadi tersangka KPK dalam perkara dugaan penerimaan suap terkait bantuan sosial (Bansos) untuk wilayah Jabodetabek 2020.

 

Tidak hanya itu, isma mengaku ingin melibatkan perguruan tinggi dalam program pemberian bantuan tersebut.

"Karena menurut saya, akan sangat lebih baik kalau kami melibatkan perguruan tinggi juga di dalam implementasi kami di lapangan, sehingga 'output' atau golnya bisa dilihat dan bisa kita lakukan evaluasi bersama dengan perguruan tinggi," tambah Risma.

Risma selanjutnya juga ingin membuat berbagai program pemberdayaan.

"Sebagaimana diamanatkan undang-undang bahwa yang pertama adalah kemanusiaan, keadilan dan fakir miskin itu dan anak-anak terlantar itu di bawah tanggungan pemerintah," ungkap dia.

Lebih jauh Risma menjelaskan, ingin ada perhatian khususnya bagi anak-anak telantar. “Kemudian fakir miskin itu yang akan kami prioritaskan untuk program pemberdayaannya. Tujuannya adalah agar anak-anak tersebut tidak hanya menengadahkan tangan tapi mereka bisa melakukan segala sesuatu,”ujarnya.

"Termasuk yang sudah kami lakukan, sebelumnya adalah bagaimana meski mereka disabilitas, namun mereka bisa berguna dan bermanfaat juga anak jalanan mereka bisa berguna untuk bangsa dan negara kita," tambah Risma.

Tugas Tri Rismaharini menjadi Mensos memang tidak mudah dan banyak  tantangan. Dia harus memastikan belasan juta paket bantuan sosial benar-benar sampai dan efektif mengurangi beban masyarakat yang menjadi korban pandemi COVID-19.

Mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemerintah Kota Surabaya itu juga harus bertanggung jawab untuk mengelola ratusan triliunan rupiah anggaran perlindungan sosial yang bersumber dari APBN, agar instrumen fiskal tersebut benar-benar akuntabel, transparan, efisien dan efektif.

Tri Rismaharini adalah wanita kelahiran Kediri, 20 November Tahun 1961 ini telah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode.
Pemegang gelar sarjana arsitektur dari Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada 1987 ini juga merupakan wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah, yakni pada periode pertama antara Tahun 2010 hingga 2015 dan periode kedua antara Tahun 2015 hingga 2020.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkan enam menteri barunya, Selasa kemarin. Saat diperkenalkan, keenam menteri tersebut nampak memakai jaket berwarna biru.
Para menteri baru Jokowi dipanggil satu per satu. Mereka nampak membungkukkan badan dan memberikan salam sebelum dipersilakan duduk di kursi oleh Presiden Jokowi.
Menteri pertama yang dipanggil Jokowi adalah Tri Rismaharini. Ia didapuk menjadi Menteri Sosial (Mensos).
Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Lalu Budi Gunadi Sadikin didapuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes).
Selanjutnya Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama (Menag), Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag).

Keenam menteri baru itu akan dilantik Rabu, 23 Desember 2020. Berdasarkan penanggalan Jawa, Rabu Besok adalah Rabu Pon. Rabu Pon adalah hari kelahiran Presiden Jokowi dalam penanggalan Jawa. Selama ini, Jokowi selalu mengambil keputusan atau melakukan sebuah acara penting di Hari Rabu Pon. (Ant/don)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah menyiapkan gebrakan setelah dirinya dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial (Mensos) pada Rabu (23/12/2020).

Loading...

Related Post