Kiat Sandiago Uno Angkat Pariwisata di Tengah Hantaman Covid-19

Kiat Sandiago Uno Angkat Pariwisata di Tengah Hantaman Covid-19
Sandiaga Uno (Liputan6.com)
Editor : Donald Berita Anda — Rabu, 23 Desember 2020 00:03 WIB
terasjakarta.id


 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sandiaga Uno sudah punya rencana khusus untuk memimpin  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf) setelah dirinya dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12) ini.

Mantan Wakil Gubernur DKI ini menyatakan, dirinya bakal menerapkan strategi inovasi dengan menggunakan teknologi big data untuk menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.

“Strategi yang mungkin diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan,” kata Sandiaga Uno di  Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12) setelah pengumuman dan pengenalan calon menteri baru oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Sandiaga Unbo, dengan mengadopsi strategi yang dimaksud, pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dipastikan bisa bertahan di tengah pandemi.

Namun pertahanan yang dimiliki juga tidak semata survive.

“Bukan hanya survive, tapi juga thrive, survive and thrive, bertahan dan menangkap peluang untuk jadi pemenang. Strategi inovasi,” katanya.

Alumnus Wichita State University itu juga menekankan pentingnya adaptasi di tengah pandemi.

Ia berpendapat penting bagi semua pihak untuk selalu mendahulukan kesehatan dan keselamatan, di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif.

Selain itu protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) menjadi satu hal yang juga penting ditunjang dengan kolaborasi yang baik.

“Kami akan berkolaborasi dengan semua pihak, pemerintah, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kota, pemerintah kabupaten, akademisi, universitas, maupun masyarakat, dan dunia usaha,” katanya dilansir Antara.

Sandiaga mengaku akan menggandeng pelaku industri yang tergabung dalam asosiasi termasuk Kadin, HIPMI, PHRI, dan seluruh asosiasi yang terkait di sektor pariwisata yang disebutnya teramat sangat penting.

“Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan kekuatan kita untuk keluar dari pandemi dan membangun pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi,” katanya.

Terlepas dari itu, dengan  masuknya  Sandiaga Uno  dalam kabinet Presiden Joko Widodo, maka lengkaplah sudah dua pesaing pada Pemilihan Presiden lalu  sukses dirangkul oleh Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui, pada Pilpres lalu Sandiaga Uno maju sebagai calon wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden.

Usai memenangi Pilpres, Presiden Joko Widodo sukses merangkul Prabowo dan mengajaknya masuk dalam kabinet dengan menempati pos Menteri Pertahanan dan Keamanan hingga sekarang.

Sementara Sandiaga Uno yang hingga kini masih menempati posisi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sempat memilih berada di luar kabinet.  (don)

 

 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sandiaga Uno sudah punya rencana khusus untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) setelah dirinya dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12) ini.

Loading...

Related Post