Puluhan Penghuninya Terpapar Covid-19, Panti Sosial di Cengkareng Disemprot Disinfektan

Puluhan Penghuninya Terpapar Covid-19, Panti Sosial di Cengkareng Disemprot Disinfektan
ist
Editor : Potan News — Selasa, 22 Desember 2020 18:03 WIB
terasjakarta.id
Setalah sebanyak 66 orang yang terdiri 61 orang penghuni dan lima orang pegawainya terkonfirmasi Covid-19 pada Senin (21/12/2020) kemarin, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia di Cengkareng disemprot disinfektan.
Menurut petugas keamanan panti, Haryanto, penyemprotan disinfektan telah dilakukan sejak dua hari yang lalu. Penyemprotan dilaksanakan atas kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Dirinya menjelaskan bahwa panti telah ditutup sejak awal pandemi Covid-19. Menurutnya, penutupan panti sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan.

"Untuk waktu yang belum ditentukan, ya, selama Covid-19 ini masih ada, ya, masih ditutup," ujarnya.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathini menjelaskan, awalnya puskesmas setempat menerima laporan bahwa sebanyak tiga orang penghuni mendapatkan hasil reaktif ketika menjalankan tes cepat Covid-19.

Puskesmas segera melakukan tes usap PCR kepada ketiga orang pasien. "Hasilnya 2 dari 3 orang penghuni positif," ujar Kristy, Selasa.

Kemudian, pihaknya segera melakukan tracing dengan melakukan tes usap kepada 376 penghuni dan pegawai panti. Pada 21 Desember, hasil tes usap para penghuni dan pegawai keluar dengan total yang terinfeksi Covid-19 sebanyak 66 orang.

Usai hasil tes keluar, seluruh penghuni maupun pegawai yang positif Covid-19 segera dibawa ke RSKD Duren Sawit. "Langsung malam itu, 21 Desember 66 orang dilakukan rujukan ke RSKD Duren Sawit," jelas Kristy.

Mereka dievakuasi oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta beserta petugas medis menggunakan bus sekolah. (adt)

Puluhan Penghuninya Terpapar Covid-19 Panti Sosial di Cengkareng Disemprot Disinfektan

Loading...

Related Post