Indahnya Masjid Ramlie Musofa Didirikan Seorang Mualaf Tionghoa

Indahnya Masjid Ramlie Musofa Didirikan Seorang Mualaf Tionghoa
ist
Editor : Potan Traveling — Senin, 21 Desember 2020 14:45 WIB
terasjakarta.id


Bagi kalian yang bosan dengan jalan-jalan ke tempat yang terlalu wasting money, saatnya rasakan sensasi wisata religi yang tidak kalah menarik untuk dijadikan rencana kalian saat liburan.

Tak perlu jauh-jauh keluar kota. Wisata Religi yang satu ini menghadirkan keindahan salah satu masjid dari sisi Danau Sunter, Jakarta Utara, yaitu Masjid Ramlie Musofa.

Saat perjalanan menuju ke Masjid Ramlie Musofa, kalian sudah bisa melihat bangunan putih besar dari jauh. Masjid ini tentunya mengundang rasa penasaran, juga decak kagum bagi kalian yang belum pernah singgah ke tempat ini untuk melakukan ibadah.

Saat memasuki gerbang masjid Ramlie Musofa, kalian akan disambut oleh penjaga atau satpam setempat dengan ramah sembari mengucapkan salam. Untuk kalian yang membawa barang-barang seperti tas, kalian harus menitipkan barang tersebut kepada penjaga.

Setelah menitipkan tas, kita akan mendapat arahan untuk ke tempat wudhu. Kemudian kalian bisa menuju ke ruang sholat yang sekaligus akan melewati tangga utama Masjid Ramlie Musofa.

Menariknya, pada tangga ini menyuguhkan kaligrafi surat Al-Fatihah dan Al-A’la dengan corak berwarna emas disepanjang sisi kanan dan kiri tangga. Tidak hanya surat-suat di sisi kanan dan kiri tangga, masjid ini juga terdapat tulisan china dan arti dari ayat Al-Qur’an yang disajikan dalam 3 bahasa.

Terdapat tulisan berbahasa china pada sisi tangga karena pendiri dari Masjid Ramlie Musofa sendiri merupakan seorang Mualaf yang berasal dari keturunan Tionghoa, yaitu Haji Ramlie.

Dinamakan Masjid Ramlie Musofa karena diambil dari nama pendiri masjid tersebut, Ramlie. Ram, berasal dari namanya, sedangkan Lie berasal dari Lie Njoek Kim. Nama Musofa diambil dari nama ketiga anaknya.

Masjid Ramlie Musofa menunjang fasilitas kenyamanan untuk para difabel. Masjid ini menyediakan fasilitas dua buah lift yang juga memudahkan jamaah berusia lanjut dan ibu hamil.

Masjid Ramlie Musofa mulai didirikan pada tahun 2011. Pembangunan masjid ini berada di tanah seluas 2000 m2 dan selesai pada 15 Mei 2016.

Masjid Ramlie Musofa diresmikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar. (adt)



Masjid Ramlie Musofa Mualaf Tionghoa

Loading...

Related Post