Rendang Makanan Khas Nusantara yang Mendunia

Rendang Makanan Khas Nusantara yang Mendunia
ist
Editor : Potan Jakarta Food — Minggu, 20 Desember 2020 13:39 WIB
terasjakarta.id

Setiap negara memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda-beda dengan karakteristik serta ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan jenis makanan di suatu negara, di mana setiap negara memiliki cita rasa khas tersendiri.

Bahkan tak jarang beberapa makanan tersebut berhasil mendunia karena memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

Di Indonesia sendiri, selain dikenal memiliki kekayaan ragam budaya, juga sering disebut sebagai surganya kuliner. Berbagai macam olahan menu makanan nusantara tersedia di Negara Kepulauan ini.

Maka tidak heran apabila beberapa makanan khas nusantara terkenal hingga ke mancanegara karena cita rasanya yang lezat dan menggugah selera. Salahsatunya, Rendang.

Rendang makanan asli Minangkabau ini merupakan salah satu makanan terenak di dunia. Makanan ini telah beberapa kali dinobatkan sebagai makanan terenak nomor satu di dunia versi CNN International mengalahkan sushi khas Jepang.

Rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Bumbu utama yang digunakan dalam memasak rendang di antaranya daging sapi, santan kelapa, cabai, dan rempah-rempah.

Ya, rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini berhasil masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia. Rasa gurih dan pedas dari daging empuk yang lumer di lidah.

Pada laman CNNGo.com mendeskripsikan rendang sebagai sebuah masakan daging yang spicy dan gingery. Pada tahun 2017, rendang kembali mendapat urutan pertama makanan terlezat dunia versi CNN Internasional.

Masakan ini semakin terkenal lagi sejak chef ternama Gordon Ramsay viral memasak rendang didampingi pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Ramsay memasak pada acara National Geographic Uncharted, yang tayang pada Senin (29/6/2020) silam.

Tips memasak rendang yang empuk sebenarnya dimasak jangan menggunakan api besar. Masaklah dengan api kecil selama beberapa jam. Untuk rendang kering, masak rendang selama 5-6 jam. Untuk rendang basah, masak sekitar 4 jam.

Berikut resep rendang sapi yang empuk, enak, dan sederhana. Bahan untuk resep rendang sapi yang empuk, enak, dan sederhana:

Bahan:

1 kg daging sapi
3 butir kelapa, diambil santan kental dan santan encernya
4 lembar daun jeruk
3 batang serai, memarkan
4 butir asam kandis
100 ml minyak goreng
5 gram garam

Bumbu rendang daging sapi 1 Kg:

60 gram bawang merah
50 gram bawang putih
250 gram cabai merah besar
100 gram lengkuas
50 gram kemiri
2 gram cengkeh

Cara membuat resep rendang daging sapi yang empuk, enak, dan sederhana:

1. Haluskan semua bahan Bumbu dengan diulek atau diblender.
2. Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga wangi.
3. Masukkan batang serai, daun jeruk, asam kandis dan garam, aduk rata.
4. Tuangi santan dan dididihkan, masukkan daging.
5. Masak dengan api kecil selama beberapa jam sampai daging empuk dan bumbu kecokelatan sesuai selera.

Resep rendang daging sapi yang empuk, enak, dan sederhana bisa disajikan saat Hari Raya Idul Adha. Bisa juga untuk memasak makanan usai kurban. (adt)

Rendang Makanan Khas Nusantara Mendunia

Loading...

Related Post