Wana Wisata Sukamantri, Trek Mountain Bike yang Wajib Jelajahi di Bogor

Wana Wisata Sukamantri, Trek Mountain Bike yang Wajib Jelajahi di Bogor
ist
Editor : Potan Traveling — Sabtu, 19 Desember 2020 17:35 WIB
terasjakarta.id


Buat kamu yang mau menjajal sepeda gunung, lebih baik berlatih di tempat yang landai dan cukup bersahabat sebelum berpetualang lebih liar di alam bebas.

Dan, buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, pasti bingung untuk menemukan trek berpetualang dengan sepeda gunung kan? Ini dia beberapa trek sepeda gunung yang wajib kamu jelajahi di Bogor.

Tampak jajaran pepohonan pinus besar yang berdiri tegak menutupi jalan bebatuan. Bogor terlanjur populer dengan sebutan kota hujan. Tak jarang hujan datang begitu saja tanpa mengenal musim.

Hal ini membuat jalanan berbatu menjadi licin dan sedikit berlumut. Bersepeda di sekitar area camping ground sukamantri memang menawarkan tantangan yang sangat memacu adrenalin.

Sesampainya di sana, dijamin rasa lelah bakal terbayarkan oleh sejuknya udara dan indah pemandangan jajaran pepohonan yang ada di sana.

Untuk dapat masuk ke area camping ground dikenakan biaya tiket masuk per orang seharga Rp10.000 jika hanya masuk tanpa menginap atau camping, dan Rp20.000 jika ingin bermalam.

Camping ground sukamantri berada di sebuah lembah yang berundak-undak. Nggak heran jalur yang dilewati naik turun bukit terjal yang sangat menguras tenaga.

Jangan takut lemas kelaparan karena di sini banyak warung yang menyediakan berbagai aneka makanan. Mulai dari mie instan, gorengan dan kopi sampai nasi beserta ayam goreng.

Beberapa fasilitas dasar seperti kamar mandi, warung penjaja makanan dan masjid tersedia pula disini, sehingga wisatawan yang berkunjung tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan cara pemenuhan kebutuhan fisiologis.

Hamparan rumput yang hijau, pohon-pohon yang rimbun/rindang dengan udara yang dingin menyegarkan serta pemandangan kota bogor dari ketinggian lebih dari 800 meter, memberikan kesan damai yang jauh dari hiruk-pikuk kebisingan hidup perkotaan.

Masuk ke hutan yang berada disebelah utara dari kawasan ini. Pepohonan lebat dan lembab diiringi sesekali kicauan burung akan membawa anda untuk melupakan sejenak rutinitas sehari-hari dunia kerja.

Jalan tanah setapak, sesekali terhalang oleh dahan pohon yang merunduk rendah atau tumbangan pohon, ditambah dengan air yang bening dingin dan segar mengalir perlahan diantara bebatuan sungai, menambah kesan alami.

Tak jauh masuk kedalam hutan pengunjung akan menemukan air terjun yang bernama Suryakencana. Dengan tinggi kurang-lebih 10 meter dan debit air yang tidak terlalu besar, memancing diri untuk sejenak berbasah-basah maupun mandi menikmati dibawah limpahan airnya.

Boleh dibilang terdapat tiga air terjun di kawasan ini. Selain air terjun Suryakencana yang terletak paling hulu dari bagian sungai, juga terdapat dua air terjun lain setelahnya.

Untuk mencapainya bisa dilakukan dengan berjalan mengikuti aliran sungai, hingga menemukan sebuah air terjun kecil dengan ketinggian sekitar 5 meter dan sebuah air terjun lain, dimana pengunjung akan berada pada bagain atasnya.

Harap waspada bila ingin berjalan di tepi tebing untuk melihat bagian dasar dari air terjun ini, karena bebatuan yang licin oleh lumut bisa membahayakan keselamatan.

Dengan sederet fasilitas yang ada, bagi kamu yang suka dengan aktivitas outbond atau perkemahan, tentunya cukup menyenangkan untuk mengunjungi object wisata ini, terlebih bagi mereka yang "malas" untuk bersusah payah membawa perbekalan atau memikirkan pemenuhan kebutuhan fisiologis saat berkemah. (adt)

Wana Wisata Sukamantri Trek Mountain Bike Wajib Jelajahi Bogor

Loading...

Related Post