GMRMB Desak Mendagri Usut Pelecehan Seksual Pejabat Litbang

GMRMB Desak Mendagri Usut Pelecehan Seksual Pejabat Litbang
Aksi demontrasi Gerakan Mahasiswa Revolusi Mental Birokrasi (GMRMB) di depan gedung Kemendagri, Jumat (18/12/2020) / ist
Editor : Potan News — Sabtu, 19 Desember 2020 14:46 WIB
terasjakarta.id


Gerakan Mahasiswa Revolusi Mental Birokrasi (GMRMB) menuntut pertanggunjawaban dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum pejabat petinggi Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri.

"Tindakan pelecehan seksual yang dilakukan seorang pejabat tinggi atau eselon 1 Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri atas nama Agus Fatoni (AF), sudah banyak memakan korban pegawai perempuan," kata Koordinator Aksi GMRMB, Agus Setiawan, saat demontrasi di depan kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

"Tapi belum ada aksi nyata menghentikan langkah yang terus dilakukan oleh pejabat tersebut di lingkungan Kemendagri," imbuh Agus.

Agus Setiawan mengatakan, pelecehan seksual yang dilakukan oleh AF kepada korban terjadi pada tahun 2013 dan korban lainnya pada tahun 2019. Menurut dia, masih ada lagi sejumlah korban pelecehan seksual yang akan bergema menyuarakan agar kasus yang dilakukan pejabat tersebut dituntaskan secara terang benderang.

"Sehingga tidak ada korban-korban pelecahan seksual lainnya terus muncul kepermukaan atas tindakan pelecehan yang dilakukan oleh pejabat tersebut sebagai tindakan tercela," ujar Agus.

Agus mengatakan, para korban pelecahan seksual ini sudah berkali-kali meminta kasus mereka dituntaskan oleh pihak yang memiliki otoritas di Kemendagri. Namun selalu dihalangi oleh oknum pemeriksa PNS di Kemendagri atas perintah AF.

Menyikapi ketidakjelasan kasus tersebut, tambah Agus, kami GMRMB meminta Kemendagri untuk mengusut tuntas pelecehan seksual yang dilakukan oleh AF yang saat ini menjabat sebagai eselon 1 di Badan Litbang Kemendagri.

"Jika tidak ada tindakan terhadap pejabat itu, maka Kemendagri abai dan melanggar hak asasi manusia dan ikut serta dalam mendukung tindakan pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan Kemendagri," pungkas Agus.

GMRMB Desak Mendagri Usut Pelecehan Seksual Pejabat Litbang

Loading...

Related Post