Sepekan Sudah Habib Rizieq Shihab Nginap di Tahanan, Ayo Cari Tahu Kondisinya

Sepekan Sudah Habib Rizieq Shihab  Nginap di Tahanan, Ayo Cari Tahu  Kondisinya
Habib Rizieq Sihab di Balik Jeruji Besi (Doc:Istimewa).
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 19 Desember 2020 00:08 WIB
terasjakarta.id


Terhitung Sabtu (19/12) hari ini,  genap sepekan atau tujuh hari sudah  imam besar Front Pembela Islam (FPI) berada di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya sejak ditahan pada Minggu (13/12) lalu.

Kondisi Rizieq dikabarkan dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.  Kesehariannya di dalam tahanan dilalui dengan memperbanyak ibadah,  berpuasa, dan banyak membaca kitab.

Tersangka kasus  penghasutan dan kerumunan massa  di Petamburan, Jakarta Pusat di masa pandemi Covid-19 ini menempati sel tahanan yang sama ketika ia ditahan pada  2008 silam.

Kondisi Habib Rizieq memang sehat. Namun, untuk makanan sehari-hari Rizieq menolak makanan yang disedikan polisi. Ia lebih percaya dan memilih menyantap makanan yang disediakan keluarga dari rumah. Rizieq tentu punya alasan lain mengapa dirinya tidak bersedia menyantap makanan yang disediakan polisi. Informasi yang beredar kalau Rizieq takut diracun.

Sekretaris Umum FPI Munarman membenarkan bahwa Habib dalam kondisi sehat dan baik-baik saja.

Menurut Munarman, Habib Rizieq tetap ceria meski berada dalam penjara. Tidak hanya itu, Munarman juga memastikan kondisi Habib Rizieq sehat walafiat. "Habib (Rizieq) Alhamdulillah sehat walafiat, tenang, beliau tetap gembira, tersenyum, bercanda," kata Munarman.

Kondisi Habib Rizieq yang tetap ceria dalam tahanan terlihat dari foto yang beredar di kalangan wartawan baru-baru ini. Habin Rizieq memperlihatkan senyum semringah dari balik jeruji besi.

Dalam foto itu, Habib Rizieq mengenakan kaus oblong, celana bahan, dan peci bewarna putih. Habib Rizieq tampak seorang diri di sebuah sel berukuran 2x1 meter. Tampak di sana sebuah koper yang diduga dipakai Habib Rizieq untuk menyimpan barang pribadi.

Munarman mengungkapkan bahwa Habib Rizieq menitipkan pesan terkait kasus dugaan penyerang anggota polisi hingga menewaskan enam laskar khusus pengawalnya di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Ia  berpesan kepada pengikutnya untuk tetap berjuang serta mengawal kasus peristiwa berdarah itu agar terungkap hingga ke akar-akarnya.

"Beliau menyampaikan pesan bahwa jangan berhenti berjuang dan tidak boleh melupakan pembantaian enam syuhada, harus terus dibongkar sampai ke akar-akarnya," ujar Munarman.

Seperti diketahui, Habib Rizieq ditahan setelah dua kali mangkir dari panggilan sebagai saksi. Pentolan FPI ini langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Ia dikenai pelanggaran pasal berlapis, yaitu pasal 160 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penghasutan, pasal 216 KUHP tentang melawan petugas, dan pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Bila merujuk ke pasal 160 KUHP, Habib Rizieq terancam hukuman penjara enam tahun. Pasal melawan petugas sesuai pasal 216 KUHP berisi ancaman hukuman penjara empat bulan dua minggu. Sedangkan pelanggaran kekarantinaan kesehatan dalam pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 ancaman hukumannya satu tahun penjara dan atau denda Rp 100 juta. (don)

 

Sepekan sudah Habib Rizieq Shihab berada dapam tahanan Polda Metro Jaya sejak ditahan Minggu (13/12) dinihari lalu. Bagaimana kondisinya?

Loading...

Related Post