Seniman Betawi Ngumpul Bareng: Majuin Budaya Betawi Tantangan Kite!

 Seniman Betawi Ngumpul Bareng: Majuin Budaya Betawi Tantangan Kite!
Ngumpul Bareng Seniman dan Budayawan Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (17/12)
Editor : Donald Berita Anda — Jumat, 18 Desember 2020 22:43 WIB
terasjakarta.id


Sebanyak 27 seniman dan budayawan Betawi melakukan acara ‘’ngumpul bareng’ di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (17/12) lalu. Meski dalam suasana Covid-1, pertemuan tetap berlangsung akrab sebagaimana budaya Betawi yang menjunjung tinggi sikap egaliter dan tetap memperhatikan protokoler kesehatan.

Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi DKI Jakarta, Beki Mardani mengungkapkan, 

secara demografi orang Betawi tidak hanya tinggal di Jakarta, tapi sudah menyebar ke berbagai kawasan di Jabodetabek.

Menurut sensus tahun 2010 ,  ada 20 persen orang Betawi yang bermigrasi ke luar Jakarta. Di Depok saja tercatat 36 persen penduduknya orang Betawi. Jadi orang Betawi itu sudah kemana-mana, bahkan juga sampai luar Pulau Jawa. Oleh karenanya seniman dan  budayawan Betawi mesti kumpul, ketemu bareng memperkuat dan memajukan  budaya yang ada supaya tidak tergerus zaman bahkan dilupakan orang.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengungkapkan kegembiraan dan rasa terima kasihnya  kepada LKB yang telah menginisiasi dan menyelenggarakan untuk pertama kalinya silaturahmi seniman budayawan se Jabodetabek ini.

Bahkan,  Iwan Henry Wardhana mengimbau agar sikap guyub seniman dan budayawan Betawi se-Jabodetabek ini bisa memberi jalan solusi bagi elemen Betawi, seperti pegiat Ondel-Ondel yang kini banyak turun mengamen ke jalan lalu dituding banyak pihak mengganggu kenyamanan serta dianggap mengganggu ketertiban umum. 

Sebanyak 27 seniman dan budayawan serta wakil dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dari Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang hadir dalam acara yang pertama kali digelar ini.

Silaturahmi seniman Betawi se-Jabodetabek ini, Kata Beki Mardani,  diharapkan bisa dilakukan secara reguler dan tidak hanya di Jakarta, tapi berkeliling ke wilayah lainnya.

Penguatan dan memajukan budaya Betawi, lanjutnya,  sudah sepantasnya jadi tantangan insan Betawi dimanapun dia berada. (don)

 

Sebanyak 27 seniman dan budayawan Betawi melakukan acara ‘’ngumpul bareng’ di Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan Kamis (17/12) lalu dalam acara bertajuk ”Majuin Budaya Betawi Tantangan Kite”

Loading...

Related Post