Dari Arena Aksi Massa 1812, Polisi Amankan Ambulans Angkut Makanan dan Mobil Komando FPI

Dari Arena Aksi Massa 1812, Polisi Amankan Ambulans Angkut Makanan dan Mobil Komando FPI
Polisi amankan ambulans berisi makanan dan minuman di tengah aksi 1812 (Foto: MNC Portal)
Editor : Donald Berita Anda — Jumat, 18 Desember 2020 19:42 WIB
terasjakarta.id


Tidak hanya sejumlah pendemo yang diamankan untuk dimintai keterangan, usai Aksi Massa 1812 polisi juga mengamankan dua unit kendaraam milik pendemo. Masing-masing sebuah mobil ambulans yang mengangkut logistik makanan dan mobil komando milik Front Pembela Islam (FPI)

Ambulans yang  diduga mengangkut muatan logistik untuk massa aksi 1812 diamankan di sekitar kawasan Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/12).

Hal ini terjadi ketika sejumlah aparat kepolisian melakukan penyisiran memukul mundur massa dari Jalan Kebon Sirih mengarah Jalan Jatibaru Raya. Ternyata polisi menemukan satu unit ambulans terparkir di pinggir jalan 

Polisi dengan cepat melakukan penggeledahan satu unit mobil ambulans tersebut. Di dalam ambulans tersebut ternyata didapati puluhan dus berisi air mineral dan makanan ringan untuk massa aksi 1812.

Namun, salah satu orang yang berada di dalam mobil ambulans kemudian memberikan alasan kalau logistik yang dibawa menurutnya hanya untuk aparat yang berjaga.

Kendati begitu, aparat kepolisian yang melakukan penggeledahan tak percaya dengan pengakuan orang yang berada di dalam mobil ambulans. Alhasil, orang tersebut diamankan polisi berserta dengan mobil ambulansnya.

Sebelum para pendemo bergerak ke kawasan Istana Negara, sejumlah wanita berhijab tampak sibuk membantu para pria mengumpulkan logistik di sekitar Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Meda Merdeka Barat.

Dikutip dari Suara.com, ogistik untuk pendemo diangkut menggunakan mobil pengantar jenazah berwarna silver dan berpelat nomor B 9506 TCF. Pasokan logistik yang diangkut mobil jenazah itu seperti air mineral, makanan ringan seperti roti hingga nasi kotak.

Logistik-logistik itu dikumpulkan di trotoar depan Gedung Sapta Pesona area Patung Kuda. Sejumlah perempuan berhijab juga terpantau sudah berkumpul seiring dengan datangnya logistik tersebut.

Sementara satu unit mobil komando milik FPI diamankan di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, saat membubarkan ribuan massa yang baru tiba di lokasi aksi, petugas mengamankan mobil komando yang digunakan untuk orator berorasi.

"Ada satu mobil yang mereka biasa namakan mobil komando yang kita amankan," ujar Yusri kepada wartawan di kawasan silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat

Dijelaskan Yusri, mobil komando milik FPI tersebut diduga melakukan provokator dengan tidak mengindahkan imbauan petugas untuk membubarkan diri dan tidak melakukan kerumunan ataupun berkumpul-kumpul.

"Ada mobil memang bukan untuk peruntukkannya, mereka gunakan untuk sebagai bahan untuk bisa menyampaikan pendapat Itu yang kita amankan," jelas Yusri. (don)

 

Polisi mengamankan dua unit mobil berua mobil ambulans yang digunakan untuk mengangkut manakanan dan mobil komando Front Pembela Islam (FPI) dalam unjuk rasa Aksi Massa 18/12 di Jakarta Pusat Jumat (18/12).

Loading...

Related Post