Masukkan Pasien Covid-19, Pemkot Jakpus Segel Sebuah Hotel di Gunung Sahari

Masukkan Pasien Covid-19, Pemkot Jakpus Segel Sebuah Hotel di Gunung Sahari
ist
Editor : Potan Balaikota — Jumat, 18 Desember 2020 13:16 WIB
terasjakarta.id

Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyegel sementara Hotel Oyo Townhouse di Jalan Gunung Sahari Raya, Gunung Sahari Utara, Gunung Sahari, Jakarta Barat. Penyegelan lantaran pihak hotel selundupkan pasien Covid-19.

Penyegelan dilakukan langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi dengan jajaran terkait seperti Camat Gunung Sahari, Lurah Gunubg Sahari Utara, dan Satpol PP tingkat kota pada Jumat (18/12/2020).

"Penyegelan berlandaskan karena hotel ini tidak ada penunjukan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan untuk menampung pasien Covid-19," ujar Irwandi usai penyegelan.

Namun pada temuan lapangan, pihak Pemerintah Kota Jakarta Pusat mendapatkan informasi bahwa hotel itu telah menampung pasien Covid-19.

Terhitung ada 70 pasien Covid-19 yang ditampung di hotel tersebut. Selain itu pihak hotel juga menggabungkan antara pasien Covid-19 dan tamu non Covid-19.

"Kami dapat laporan sudah seminggu kemarin. Jadi kami tahu dan kami khawatirkan akan tercampur tamu umum dan pasien Covid sehingga ini sangat berbahaya," jelas Irwandi.

Maka Irwandi menuturkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak hotel agar memindahkan pasien Covid-19 ke rumah sakit asal.

Irwandi memastikan saat ini hotel itu sudah dikosongkan sehingga dapat ditutup sementara selama tiga hari.

Apabila diketahui hotel itu melanggar kedua kalinya maka akan kembali ditutup tiga hari dan didenda Rp50 juta.

Namun apabila melanggar ketiga kalinya maka akan ditutup permanen.

"Jadi saya harap hal ini dapat menjadi pelajaran bagi hotel-hotel lainnya agar tertib di tengah Pandemi Covid-19," ujar Irwandi.

Menurut Irwandi, pengadaan hotel Oyo Townhoues dalam menampung pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 sangatlah membantu pemerintah. Khususnya dalam kebutuhan ruang isolasi.

Terlebih hotel itu memiliki ratusan kamar yang sanggup menampung pasien isolasi.

Namun Irwandi berharap pihak hotel dapat memenuhi segala syarat dari pemerintah. Misalnya saja seperti syarat izin dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan.

"Dari kejadian itu kami akan membuat tim untuk memantau hotel-hotel serupa agar tidak salahi aturan," tandas Irwandi. (adt)

Masukkan Pasien Covid-19 Pemkot Jakpus Segel Hotel Gunung Sahari

Loading...

Related Post