Sidang Praperadilan Habib Rizieq Kepada Kapolda dan Kapolri Digelar 4 Januari 2021

Sidang Praperadilan  Habib  Rizieq Kepada Kapolda dan Kapolri Digelar 4 Januari 2021
Habib Rizieq Shihab (poskota.co.id)
Editor : Donald Berita Anda — Kamis, 17 Desember 2020 13:32 WIB
terasjakarta.id


Setelah menetapkan hakim yang akan memimpin sidang, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya menjadwalkan Praperadilan atas penetapan tersangka Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab pada Senin (4/1/2021) tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan Humas PN Jakarta Selatan Suharno dalam keterangan, Kamis (17/12/2020).

"Prapid No 150/pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel, Pemohon Moh.Rizieq, Sidang pd hari Senin tgl 4 Januari 2021, pukul 09.00 WIB," kata Suharno.

Ia juga menambahkan PN Jaksel sudah menunjuk Hakim Tunggal Akhmad Sahyuti, dan Panitera Pengganti Agustinus Endri.

Sebelumnya Tim Hukum atau Advokasi imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) resmi mendaftarkan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan kliennya.

Kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar sudah mendaftarkan gugatan praperadilan kepada Kapolda dan Kapolri ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada Selasa (15/12/2020). 

"Alhamdulillah, hari ini Selasa 15 Desember 2020, kami secara resmi mendaftarkan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian kepada IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) dengan nomor register 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel," katanya, Selasa (15/12/2020).

Menurutnya, gugatan praperadilan ini merupakan upaya hukum untuk menegakkan keadilan, memberantas dugaan kriminalisasi ulama dan meruntuhkan dugaan diskriminasi hukum yang terus menerus diduga terjadi kepada masyarakat terutama jika berlainan pendapat dengan pemerintah.

Aziz menegaskan praperadilan adalah upaya elegan dan salah satu ikhtiar FPI untuk membela kepentingan hukum Habib Rizieq. 

"Kami mohon doa dan dukungan para pecinta kebenaran dan tegaknya keadilan," papar dia.

Aziz juga sangat berharap kepada Allah SWT agar upaya ini didukung oleh institusi peradilan sebagai gerbang terakhir harapan masyarakat yang rindu keadilan tegak, tanpa pandang bulu dan dihentikannya segala dugaan bentuk diskriminasi hukum serta dugaan kriminalisasi ulama.  (don)

 

 

 

Setelah menetapkan hakim yang akan memimpin sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya menjadwalkan Praperadilan atas penetapan tersangka Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab pada Senin (4/1/2021) tahun depan.

Loading...

Related Post