Lezatnya Klepon, Manis-manis Gimana Gitu...

Lezatnya Klepon, Manis-manis Gimana Gitu...
ist
Editor : Potan Jakarta Food — Rabu, 16 Desember 2020 14:34 WIB
terasjakarta.id

Mendengar Jajanan pasar ingatan kita langsung terbayang makanan atau camilan tradisional yang hanya bisa dioperoleh di pasar-pasar tradisional. Dimakan langsung ditempat atau sekedar oleh-oleh ringan dari pasar selalu membangkitkan romantisme masa lalu.

Salah satu jajanan pasar yang cukup legendaris di Tanah air adalah Klepon. Kue bertekstur lembut dengan paduan manis isi gula merah membuat 'ngiler' pengen mencicipi.

Mendengar kata Klepon, mendadak mengingatkan kita pada perbincangan di media sosial setelah menduduki trending topic di media sosial Twitter. Kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan ini diklaim sebagai makanan tidak islami.

Ciri khas Klepon adalah sensasi 'mecothot' atau meletup saat dikunyah. Kolaborasi tepung beras ketan, gula merah dan taburan kelapa menciptakan cita rasa 'aduhai' saat didalam mulut.

"Dalamnya gula jawa, jadi kalau dikunyah tuh seperti nyeprot dalam mulut," kata Indra Gandi, seorang penikmat Klepon.

Klepon memiliki bentuk yang bulat serta tekstur yang lembut. Biasanya klepon berwarna hijau, namun kini mulai dimodifikasi dari bahan ubi ungu sehingga warnanya juga menjadi ungu.

"Sebagaimana jajanan tradisional lainnya, warna hijau yang menjadi ciri khas klepon ini didapatkan dari bahan pewarna yang berasal dari saun suji atau daun pandan. Sedangkan untuk klepon ungu berasal dari ubi ungu," ujar Samirah, pedagang jajanan di Pasar Senen.

Sejak dulu, jajanan ini umum ditemui di pasar, sehingga disebut jajanan pasar. Namun, si kecil klepon tidak hanya berhenti di pasar Indonesia, tetapi bisa menjamur sampai ke banyak negara di dunia. Ke bazaar Indonesia di Taiwan, misalnya.

Klepon sudah terkenal di Indonesia sejak tahun 1950. Pada saat itu, klepon bukan hanya dibuat di rumah, tetapi sudah dijual di restoran Indonesia, Belanda, atau Tiongkok.

Tidak banyak yang bisa memastikan asal daerah klepon. Banyak yang menyebutkan bahwa jajanan ini berasal dari Jawa Tengah karena sering disajikan bersama getuk dan cenil. Beberapa pernikahan dengan konsep catering prasmanan juga umum menyajikan klepon

Klepon biasanya dijadikan sarapan oleh masyarakat Indonesia karena bahan dasarnya tepung sehingga mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain sarapan, klepon juga sering dinikmati sebagai camilan. (adt)



Lezatnya Klepon Manis-manis Gimana Gitu

Loading...

Related Post