Begini Trik Sukses Budidaya Ikan Cupang

Begini Trik Sukses Budidaya Ikan Cupang
ist
Editor : Potan Berita Anda — Selasa, 15 Desember 2020 10:10 WIB
terasjakarta.id

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama. Memeliharanya juga cukup mudah, hanya perlu aquarium kecil dan pakan. Sehingga tidak memerlukan perawatan ekstra.

Saat ini bisnis budidaya ikan cupang mulai diminati karena bisa menghasilkan keuntungan fantastis. Apalagi dengan situasi pandemi Covid-19 tidak sedikit terjadi pemutusan hubungan kerja sehingga mengakibatkan waktu luang dihabiskan di rumah. 

Nah, dalam menggeluti bisnis budaidaya ikan cupang cukup mudah. Namun prasarana yang baik juga akan menunjang penjualan ikan cupang. Prasarana merupakan salah satu dari hal teknis untuk memperlengkap sarana yang digunakan dalam beternak.

Dalam buku Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi Oleh Zainal Abidin, Hutami P. Puspitasari, Jakarta, Senin (14/12/2020), menyebut strategi dari segi prasarana, untuk menunjang suksesnya produksi dan penjualan ikan cupang.

Akses jalan menuju lokasi budidaya ikan cupang harus strategis. Jalan tersebut diusahakan terhubung dengan jalan besar dan memiliki kondisi yang baik sehingga jenis kendaraan apapun dapat mengaksesnya.

Kapasitas listrik yang ada harus memadai dan sesuai dengan kebutuhan operasional. Dengan demikian, kegiatan budidaya kan berjalan lancar dan meminimalisir gangguan akibat permasalahan listrik di lokasi pembudidayaan.

Ketersediaan air ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan air bagi komoditas budidaya ikan cupang. Sumber air yang baik, berasal dari mata air langsung melalui sistem pipanisasi dengan debit air berkisar 2-5 liter/detik. Debit tersebut dimanfaatkan untuk mengisi kolam budidaya berukuran 7x3 m².

Jaringan komunikasi merupakan sarana pendukung untuk menunjang proses jual beli dalam suatu bisnis. Dengan jaringan yang bagus, proses komunikasi dengan konsumen/pembeli menjadi mudah.







Trik Sukses Budidaya Ikan Cupang

Loading...

Related Post