Wakil Ketua DPRD DKI Sebut Aksi Walk Out Sebagai Tindakan Spontanitas

Wakil Ketua DPRD DKI Sebut Aksi Walk Out Sebagai Tindakan Spontanitas
ist
Editor : Potan Rumah Rakyat — Selasa, 15 Desember 2020 08:37 WIB
terasjakarta.id

Aksi walk out seluruh anggota DPRD DKI dalam rapat paripurna saat Ketua Fraksi PSI Idris Ahmad membacakan pandangan umum merupakan tindakan spontanitas.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, sikap para anggota sebagai bagian dari pembelajaran sekaligus koreksi kepada PSI.

"Saya kira (walkout) kemarin itu merupakan tindakan spontanitas dari seluruh anggota fraksi. Kita tidak pernah bersepakat akan melakukan hal tersebut," kata Taufik saat dihubungi, Selasa (15/12/2020).

"Fraksi PSI juga harus sadar dan kami berharap itu bisa dijadikan koreksi. Sebab pada dasarnya fraksi itu kepanjangan tangan partai mestinya suara fraksi adalah suara partai. Jangan fraksinya bersuara tidak dengan suara partainya, hal itu tidak baik dalam demokrasi," tambahnya.

Untuk diketahui, seluruh anggota DPRD DKI keluar dari ruangan rapat paripurna saat ketua Fraksi PSI Idris Ahmad membacakan pandangan fraksinya terhadap rancangan Perda nomor 14 tahun 2014 tentang RDTR dan Rencana Zonasi pada Senin 14 Desember 2020.

Tampak seluruh bangku seluruh anggota DPRD DKI kosong saat Idrus membacakan pandangan fraksinya. Aksi dewan keluar ruang rapat bentuk keberatan mereka setelah Fraksi PSI mengumumkan penolakan kenaikan tunjangan dewan tahun depan saat akhir pembahasan.

Padahal selama rapat rencana kerja tahunan DPRD, Fraksi PSI menyetujui kenaikan anggaran tersebut.

"Akhirnya mana yang dipegang. Ini kan bagian dari koreksi aturannya begitu. Aturannya adalah fraksi perpanjangan tangan partai. PSI DKI terkesan tidak memahami konteks fraksi di DPRD yang merupakan kepanjangan tangan partai," ujar Taufik.

Wakil Ketua DPRD DKI Aksi Walk Out Tindakan Spontanitas

Loading...

Related Post