Temukan Kepingan Surga Tersembunyi di Pulau Bawean

Temukan Kepingan Surga Tersembunyi di Pulau Bawean
ist
Editor : Potan Traveling — Senin, 14 Desember 2020 14:15 WIB
terasjakarta.id


Pulau Bawean yang berada di utara Pulau Jawa memiliki keunikan yang menarik. Pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Gresik ini mulai menjadi pembicaraan dikalangan traveller.

Ya tak salah jika traveller memilih Pulau Bawean sebagai salahsatu rujukan berwisata. Keindahan pulaunya yang masih 'perawan' membuat liburan kalian jadi lebih berwarna dan berbeda.

Pulau Bawean memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Panorama bawah lautnya jangan ditanya, sungguh menakjubkan. Hamparan pulau dengan pasir putih lembutnya mampu memanjakan liburanmu.

Ada Pulau Gosong yang sungguh cantik menghamparkan pasir putih dan dikelilingi lautan jernih. Selain wisata pantai, tempat ini memiliki wisata air terjun dan juga danau air tawar yang sungguh memukau, sebab air danau bisa berubah sesuai musim.

Memiliki keindahan alam yang tersembunyi di Bawean bakal menuntun kalian ke gerbang surga di dunia nyata. Sudah jelas, daya tarik utama Bawean adalah pantai-pantainya yang masih “perawan”.

Air laut di sekitarnya pun terlihat biru sebening kaca berpadu dengan sinar matahari yang memantul ke permukaan air membuat keindahan pantainya semakin eksotis.

Hijaunya persawahan yang mulai menguning mendominasi di bagian dalam pulau. Danau Kastoba, danau mistis yang dikelilingi pepohonan rimbun ini berada di puncak bukit. Suasana hening di sini bisa bikin bulu berdiri.

Tak hanya keindahan laut, Pulau Bawean juga memiliki beberapa daya tarik lain yang patut ditelusuri. Yup, selain wisata alamnya, pulau Ini juga kaya akan wisata kuliner yang lezat. Pastinya aneka panganan laut melimpah ruah di sini. Kuliner yang wajib di coba adalah “Kella Celok” atau biasa disebut ikan kuah kuning.

Kuliner yang mirip dengan kello kuning ini berbahan kuah yang berasal dari kunir yang digeprek dan dimasak di air panas.

Selain kelebihan diatas, pengunjung juga harus tahu tentang misteri pulau Bawean yang diyakini oleh masyarakat Bawean. Di Pulau Bawean juga terdapat sebuah misteri pohon sakti yaitu “Kendung Poteh” atau Kendung Putih.

Kendung Poteh adalah sebuah pohon sakti yang sulit ditemukan. Pohon itu hanya satu-satunya di Nusantara. Di Jawa, Kalimantan atau pulau pulau lain tidak akan ditemukan.

Kendung Poteh merupakan pohon penjaga hutan, pohon yang disegani oleh binatang-binatang buas. Konon, karena di Bawean terdapat kendung pote itulah dan hal ini menjadi kenapa sejak dulu sampai kini tidak ditemukan seperti harimau, singa, gajah atau binatang-binatang buas lainnya. (adt)

Kepingan Surga Tersembunyi Pulau Bawean

Loading...

Related Post