Soal Risma Jadi Mensos, PSI Sudah Tahu Tapi PDIP Kok Belum?

Soal Risma Jadi Mensos, PSI Sudah Tahu Tapi PDIP Kok Belum?
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (bangsaonline.com)
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 14 Desember 2020 13:25 WIB
terasjakarta.id


Kabar seputar  kepastian  Walikota Surabaya Tri Rismaharini  akan menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari P Batubara yang tersangkut kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 kian santer saja.

Namun anehnya, Partai Demokrasi Indonesia (PDIP ) selaku partai tempat bernaungnya Risma mengaku belum tahu dan belum mendengar.  Keyakinan kalua Risma akan menjadi Mensos justru datang dari petinggi partai lain.

Seperti yang disebutkan  Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya Yusuf Lakaseng. "Saya dapat kabar bahwa Ibu Risma ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju," kata Yusuf.

Yusuf makin yakin jika kinerja Walikota  Surabaya itu cukup bagus. Terlebih lagi, Risma sudah mengubah wajah Surabaya, bahkan sudah mendunia.

Namun, keterangan berbeda diberikan oleh PDIP. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengku belum memdapat kabar itu.

"Saya belum mendengar adanya informasi adanya tawaran Presiden Jokowi kepada Bu Risma untuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah kepada wartawan, Senin (14/12).

Menurut Wakil Ketua MPR RI ini, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memiliki hak untuk mengusulkan kadernya sebagai pengganti Mensos kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, itu merupakan hak prerogatif Megawati.

"Urusan mengenai siapa kader PDI Perjuangan yang akan ditugaskan dan diusulkan kepada Presiden menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju adalah wewenang dan hak prerogatif Bu Mega sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan," tegasnya.

"Keluarga besar PDI Perjuangan menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum kami atas keputusan siapa yang akan diusulkan kepada Presiden untuk menjadi Mensos," sambungnya.Lebih jauh Basarah  menyebutkan, PDIP telah menyerahkan keputusan mengenai usulan nama pengganti Mensos Juliari kepada Megawati Soekarnoputri. Nantinya, usulan itu akan diberikan ke Presiden Jokowi.

Selain itu, Basarah juga menegaskan hanya Presiden Jokowi yang memiliki hak prerogatif untuk mengangkat menteri.

"Dan mengenai keputusan pengangkatan seseorang menjadi menteri adalah hak prerogatif Presiden Jokowi," ujar Basarah. (Donald)

 

 

Nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma kian santer disebutkan menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang ditangkap KPK.

Loading...

Related Post