Ini Pesan Habib Rizieq dari Balik Tahanan Polda Metro Jaya

Ini Pesan Habib Rizieq dari Balik Tahanan Polda Metro Jaya
Habib Rizieq Shihab (poskota.co.id)
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 14 Desember 2020 13:01 WIB
terasjakarta.id


Sekretaris Umum FPI Munarman di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/12) menyatakan, kondisi Habib Rizieq sehat tak kurang suatu apapun di dalam tahanan. Dia mengklaim, Habib Rizieq dalam kondisi gembira, tetap tersenyum, dan bercanda.

"Habib alhamdulillah sehat walafiat, tenang, beliau tetap gembira, tersenyum, bercanda," ungkap Munarman.

Menurut Munarman, Habib  Rizieq menitipkan pesan terkait kasus dugaan penyerang anggota polisi hingga menewaskan enam laskar khusus pengawalnya di KM 50 Tol Jakarta Cikampek. Ia meminta pengikutnya untuk tetap berjuang serta mengawal kasus peristiwa berdarah itu agar terungkap hingga ke akar-akarnya.

"Beliau menyampaikan pesan bahwa jangan berhenti berjuang dan tidak boleh melupakan pembantaian enam syuhada, harus terus dibongkar sampai ke akar-akarnya," ujar Munarman.

Seperti diketahui, Habib Rizieq ditahan Polda Metro Jaya pada Minggu (13/12) dinihari setelah menjalani pemeriksaan selama 12 jam sejak Sabtu (12/11).

Secara terpisah, pada Senin siang, dua tersangka lagi dalam  kasus  dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat  menyerahkan diri.

Keduanya adalah Sobri Lubis dan Maman Suryadi yang datang  didampingi tim kuasa hukumnya. "Pada hari ini Sobri Lubis dan Maman Suryadi datang untuk pemeriksaan," kata kuasa FPI Sugito Atmo Pawiro di Polda Metro Jaya.

Sugito mengatakan kliennya akan bertemu dengan penyidik Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka.

Meski demikian, Sugito tidak berbicara banyak saat dikonfirmasi soal materi pembelaan yang akan disampaikan kepada penyidik.

"Kami akan lihat perkembangan dalam proses pemeriksaan," ujar Sugito.

Penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi dalam hajatan yang berlangsung pada Sabtu (14/10) di Petamburan, Jakarta Pusat.

Enam tersangka tersebut, yakni Rizieq Shihab, Haris Ubaidillah sebagi ketua panitia, Ali bin Alwi Alatas (sekretaris panitia), Maman Suryadi (Panglima LPI dan penanggungjawab keamanan), Sobri Lubis (penanggung jawab acara) serta Idrus (kepala seksi acara).

Rizieq Shihab telah terlebih dulu menyerahkan diri pada Sabtu pagi sekitar pukul 10.30 WIB untuk diperiksa sebagai tersangka.

Penyidik kemudian menahan Rizieq dengan pertimbangan, antara lain hukuman lebih dari lima tahun, agar tidak menghilangkan barang bukti, tidak melarikan diri serta tidak melakukan tindak pidana yang sama.

Selama menjalani pemeriksaan, Rizieq Shihab menerima 84 pertanyaan dari penyidik terkait dengan dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

Rizieq dianggap menyerahkan diri setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kerumunan Petamburan di tengah pandemi COVID-19 dengan jeratan Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP.

Sedangkan Haris Ubaidilah, Idrus dan Ali Alwi Alatas menyerahkan diri ke Mapolda Metro Jaya didampingi pengacara pada Senin dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. (donald)

Sekretaris Umum FPI Munarman menyebut kondisi Habib Rizieq Shihab dalam kondisi sehat di dalam penjara.

Loading...

Related Post