Acuhkan Hasil Rekonstruksi, Pengacara FPI Bersikeras Segera Bentuk Tim Pencari Fakta Independen

Acuhkan Hasil Rekonstruksi,  Pengacara  FPI Bersikeras Segera Bentuk Tim Pencari Fakta Independen
Pengacara FPI Sugito Atmo Pawiro (republika.co.id)
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 14 Desember 2020 12:43 WIB
terasjakarta.id


Pengacara Front Pembela Islam (FPI), buka suara dalam menyikapi  rekonstruksi terhadap kasus penembakan enam anggota laskar FPI yang baru saja dilakukan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya di lokasi  kejadian di Tol Jakarta-Cikampek Km 50.

Menurut pengacara FPI, Sugito Atmo Pawiro, apapun yang dilakukan polisi, pihaknya tetap mendorong adanya pembentukan tim pencari fakta independen dari kasus tersebut. Sebab, tim independen tersebut dinilai bisa memberikan penilaian secara objektif.

"Harus ada tim pencari fakta inde[enden yang tidak hanya kepolisian dan Komnas HAM. Ini butuh pendalaman yang lebih serius dan kami tetap berkeinginan kuat harus ada tim pencari fakta," kata, Senin (14/12).

Makanya, pihaknya  meminta Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk tim independen. "Tentunya Menko Polhukam dan MUI bisa membantu menjembatani dan mengkomunikasikan dengan Presiden supaya dibentuk tim pencari fakta independen," ujarnya.


"Jadi begini... untuk senpi, terutama pistol, perlu dicek betul nggak itu senpi punya temen FPI. Kedua, itu rakitan atau resmi. Kalau resmi, itu teregister. Jangan sampai itu terjadi simpang siur. Karena sepengetahuan saya FPI tidak pernah punya senpi dan itu dilarang. Ini jadi menarik, misal kalau nanti kita membentuk tim independen pencari fakta," jelasnya.Seperti diketahui, dalam penjelasan hasil rekonstruksi yang dilakukan polisi dan Komnas HAM, polisi menemukan senjata tajam dan samurai di dalam mobil yang digunakan laskar. Bagi Sugito, temuan tersebut perlu pembuktian lebih lanjut. (donald)

 

 

Tim pengacara FPI tetap mendorong dibentuknya tim pencari fakta independen untuk mengungkap kasus penembakan enam lascar FPI.

Loading...

Related Post