Isu Risma Jadi Mensos, PDIP: Itu Kewenangan Presiden Jokowi

Isu Risma Jadi Mensos, PDIP: Itu Kewenangan  Presiden Jokowi
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (bangsaonline.com)
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 14 Desember 2020 12:29 WIB
terasjakarta.id

nama Wali Kota Surabaya  Tri Rismaharini atau Risma kian santer dikabarkan akan menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Mensos Juliarii Peter Batubara yang ditangkap Komisi Pemberantasan  Korupsi (KPK)  dalam aksus korupsi dana bansos Covid-19.

Isu ini semakin kencang menyusul jabatan Risma sebagai Walikota Surabaya akan berakhir Februari 2020 setelah terpilihnya Walikota Surabaya untuk masa bhakti 2021-2026, Eri Cahyadi dan Armuji, melalui Pemilukada serentak, Rabu (9/12) lalu.

Terkait isu ini, Partai Demokrasi Indonesia  Perjuangan (PDIP) tempat Risma bernaung pun angkat Suara. Melalui Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, partai berlambang banteng bermoncong putih itu menyatakan belum memdapat kabar itu.

"Saya belum mendengar adanya informasi adanya tawaran Presiden Jokowi kepada Bu Risma untuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah kepada wartawan, Senin (14/12).

Menurut Wakil Ketua MPR RI ini, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memiliki hak untuk mengusulkan kadernya sebagai pengganti Mensos kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, itu merupakan hak prerogatif Megawati.

"Urusan mengenai siapa kader PDI Perjuangan yang akan ditugaskan dan diusulkan kepada Presiden menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju adalah wewenang dan hak prerogatif Bu Mega sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan," tegasnya.

Lebih jauh Basarah  menyebutkan, PDIP telah menyerahkan keputusan mengenai usulan nama pengganti Mensos Juliari kepada Megawati Soekarnoputri. Nantinya, usulan itu akan diberikan ke Presiden Jokowi.

"Keluarga besar PDI Perjuangan menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum kami atas keputusan siapa yang akan diusulkan kepada Presiden untuk menjadi Mensos," sambungnya.

prerogatif untuk mengangkat menteri.

"Dan mengenai keputusan pengangkatan seseorang menjadi menteri adalah hak prerogatif Presiden Jokowi," ujar Basarah.

Isu mengenai Risma mendapat tawaran menggantikan posisi Mensos Juliari Batubara diungkapkan oleh Plt Ketua DPD PSI Surabaya Yusuf Lakaseng. Hal ini disampaikannya dalam acara tasyakuran pilkada atas kemenangan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji di Surabaya.

"Saya dapat kabar bahwa Ibu Risma ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju," kata Yusuf Lakaseng seperti dilansir Antara, Senin (14/12).

Yusuf meyakini Risma dapat langsung menjadi menteri. Terlebih, menurutnya, kota yang dipimpin Risma sudah menjadi kota yang mendunia.


"Di Surabaya, wali kota bisa langsung meloncat ke menteri, tanpa harus menjadi Gubernur Jawa Timur terlebih dahulu. Ini menunjukkan kalau Surabaya itu kota mendunia," ujarnya. (Donald)

(

 

Nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma kian santer disebutkan menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersangkut korupsi.

Loading...

Related Post