Ribuan Koleksi Sejarah di Museum Tengah Kebun, Kemang

Ribuan Koleksi Sejarah di Museum Tengah Kebun, Kemang
ist
Editor : Potan Traveling — Minggu, 13 Desember 2020 14:50 WIB
terasjakarta.id


Siapa sangka jika di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan terdapat museum. Museum yang menyimpan kurang lebih 4,000 koleksi seni dan sejarah Indonesia dibangun di tengah kebun seluas 3,500 meter persegi.

Museum yang pernah terpilih sebagai Museum Swasta Terbaik di Museum Awards merupakan museum milik pribadi yaitu Sjahrial Djalil. Yang unik dari museum ini adalah penataan setiap koleksi yang tidak beraturan, sehingga Anda akan mendapatinya di tiap sudut ruangan.

Sebelum dijadikan museum, bangunan ini merupakan rumah tinggal yang digunakan si pemilik sebagai ruang pameran koleksi pribadinya.

Berbagai sisa bangunan bersejarah ada di dalamnya, seperti penggunaan tembok museum dari batu-batu tua bekas gedung VOC dan gedung meteorology tahun 1896.

Selain itu, engsel pintu museum ini menggunakan engsel dari penjara wanita Bukit Duri, Jakarta yang merupakan peninggalan gedung Meester Cornelis pada abad ke-18.

Salah satu koleksi unggulan dari museum ini adalah arca Ganesha yang ada di tengah taman. Arca tersebut menurut cerita pemandu dipahat pada tahun 800-an di daerah Jawa Tengah.

Selain itu, ada juga koleksi setu set peti tempat minum yang pernah digunakan oleh Napoleon Bonaparte. Untuk bisa masuk ke salah satu hidden gems di Jakarta ini, Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Namun museum hanya menerima kunjungan pada weekend saja.

Kalau Anda tertarik mengunjungi museum ini, silahkan datang ke Jalan Kemang Timur Raya No. 66, Jakarta Selatan. (adt)

Ribuan Koleksi Sejarah Museum Tengah Kebun Kemang

Loading...

Related Post