Mahfud: Pemerintah Tak Berencana Rekonsiliasi dengan Habib Rizieq

Mahfud: Pemerintah Tak Berencana Rekonsiliasi dengan Habib Rizieq
Menko Polhukam Mahfud MD (lipiutan6.com)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 12 Desember 2020 13:58 WIB
terasjakarta.id


Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD tidak punya niat untuk melakukan rekonsiliasi dengan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Pernyataan Mahfud ini menanggapi adanya tautan berita yang menyebutnya enggan berdialog dengan Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab.

Menurut mahfud,  yang sebenarnya terjadi adalah dirinya mengajak agar diatur pertemuan silaturahmi. Pertemuan tersebut, katanya, rencananya dilakukan di tempat yang netral

"Penjelasan: Sebenarnya, mlm sblm MRS mendarat, tgl 9/11/2020 jam 19 sy mengundang Tim Hukum MRS (Sugito dan Ari), sy ngajak diatur silaturrahim di tempat netral utk berdialog dgn MRS utk menjaga negara dan umat ber-sama2 demi kebaikan rakyat dan umat," kata @mohmahfudmd di Twitter, Sabtu, 12 Desember 2020.

Namun, menurut Mahfud, Habib Rizieq justru malah menjawab dengan lantang. Rizieq melontarkan syarat-syarat rekonsiliasi yang dianggap pemerintah terlalu tinggi.

"Tp apa jawabnya? Hr pertama dia berpidato lantang, "Mau rekonsiliasi dgn syarat pemerintah membebaskan terpidana teroris, melepas tersangka tindak pidana dgn nama2 ttt. Loh, blm silaturrahim sdh minta syarat tinggi. Maka sy tegaskan, Pemerintah tak berencana rekonsiliasi dgn MRS," papar Menko Polhukam.

Lebih jauh  Mahfud MD menuturkan bahwa pemerintah menganggap Front Pembela Islam (FPI) tidak ada. Ini karena organisasi masyarakat tersebut belum memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Kementerian Dalam Negeri.

"Itu kita menganggap tidak ada Ormas itu," ungkap Mahfud ketika ditanya mengenai posisi FPI di mata pemerintah, sebagaimana dikutip dari siaran pada akun Youtube Beritasatu, Jumat (11/12) malam.

Menurut Mahfud, hingga kini FPI belum melengkapi persyaratan sehingga belum mengantongi perpanjangan izin. Kata dia, ada permasalahan terkait Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FPI, yakni terkait pencantuman istilah khilafah dalam AD/ART

"Begini, yang saya ingat itu kan ada UU Keormasan. Sebuah Ormas itu tidak boleh beroperasi tanpa memenuhi syarat, menyatakan setia kepada ideologi Pancasila dan sebagainya. Nah, di situ misalnya di AD/ART itu tidak tercantum istilah itu. Yang ada istilah mendirikan khilafah," jelas Mahfud.

 Meskipun begitu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyatakan bahwa pemerintah tidak mempunyai kewenangan untuk melarang ormas tersebut

Dalam kesempatan yang sama, Mahfud menyinggung proses hukum yang melibatkan pentolan FPI, Muhammad Rizieq Shihab

"Kita kan tidak boleh melarang, kecuali ada melakukan pelanggaran hukum, yang ditangkap orang-orangnya. Kan kita tidak pernah menangkap orang FPI, nangkap orang KAMI, nangkap orang apa, kan tidak ada. Pokoknya kalau melanggar hukum, ya orangnya, kita enggak nyebut organisasinya," imbuh dia.

SKT FPI sebagai Ormas di Kementerian Dalam Negeri telah habis masa berlakunya sejak Juni 2019. FPI sudah menyerahkan sejumlah dokumen sebagai syarat perpanjangan SKT, akan tetapi pemerintah belum juga memberikan perpanjangan SKT FPI.

Namun begitu, Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis mengungkapkan surat izin itu tidak diperlukan lagi lantaran pihaknya tak pernah mendapat bantuan pemerintah. [

Seperti diketahui, pada Sabtu ini Habib Rizieq menjalani pemeriksaan di Markas Polda Metro Jaya. Rizieq Shihab diperiksa terkait kasus kerumunan massa dan juga penghasutan.

Kuasa Hukum Front Pembela Islam Aziz Yanuar mengatakan, pimpinan FPI Rizieq Shihab dikabarkan siap jika akan langsung dilakukan penahanan oleh Polda Metro Jaya

“Insya Allah siap, beliau siap dengan segala kemungkinan, karena sebagai seorang pejuang,” ujar Aziz saat dirinya tiba di Polda Metro Jaya, Sabtu, 12 Desember 2020. (Gelora.co/Donald)

 

 

 

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD tidak punya niat untuk melakukan rekonsiliasi dengan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Loading...

Related Post