Lezatnya Laksa, Mantap Dihidangkan saat Hangat

Lezatnya Laksa, Mantap Dihidangkan saat Hangat
ist
Editor : Potan Jakarta Food — Jumat, 11 Desember 2020 16:50 WIB
terasjakarta.id

Kalian mungkin sudah tahu belum jika laksa tidak hanya terkenal di Indonesia. Laksa bahkan menjadi makanan favorit di beberapa negara di Asia, khususnya Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Perlu diketahui jika laksa merupakan kuliner perpaduan Melayu dan Tionghoa. Laksa termasuk jenis makanan berkuah.

Kuah Laksa terbuat sendiri terbuat dari santan yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah. Adanya berbagai macam bumbu ini membuat laksa rasanya sangat khas dan lezat.

Rasa laksa sangat enak. Kuahnya gurih agak manis. Aromanya khas berasal dari kelapa sangrai dan kemangi. Aroma kemanginya harum dan menonjol karena tak direbus di dalam kuah hingga tak sempat menguap.

Dulu laksa dijual dalam pikulan dengan cara berkeliling. Sekarang, laksa dijual di kedai-kedai, bahkan di restoran besar. Di Bogor, laksa masih dijual pikulan namun tidak berkeliling, melainkan menetap atau mangkal di satu tempat.

Laksa sendiri ada beberapa macam. Ada Laksa Betawi, Laksa Bogor, Laksa Palembang, Laksa Jepara, Laksa Banjar, dan sebagainya.

Dari berbagai laksa yang ada, sekarang kita akan mencoba mempraktekkan resep laksa Betawi. Yuk kita siapkan dulu bahan-bahan laksa Betawi.

Resep laksa betawi ini sebenarnya sangat mudah kok. Kita sudah bisa mendapatkan aneka bahannya lengkap di pasar tradisional. Untuk membuat laksa betawi, maka kita membutuhkan kelapa yang agak lumayan ya.

Inilah yang membedakan antara laksa Betawi dengan laksa Bogor. Bahan bumbu laksa Betawi juga berbeda dengan bahan bumbu resep kupat tahu. Yuk langsung saja kita siapkan bahan-bahannya.

Bahan:

Ayam kampung 1 ekor, potong 8 bagian
Air 2 liter
Udang segar 200 gram, cincang kasar
Serai 2 batang, ambil putihnya dan memarkan
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 4 lembar, dibuang tulangnya
Garam 4 ½ sendok teh
Gula pasir 2 sendok teh
Santan 1 liter dari 1 butir kelapa
Minyak untuk menumis 4 sendok makan

Bumbu halus:

Bawang merah 12 butir
Bawang putih 8 siung
Kunyit 6cm, bakar
Jahe 4 cm
Kelapa 6 sendok makan, sangrai
Ebi 4 sendok makan, seduh dan sangrai
Kemiri 4 butir, sangrai

Bahan pelengkap:

Bihun 200 gram, seduh
Telur rebus 4 butir, potong-potong
Daun kemangi 4 tangkai
Bawang goreng 4 sendok makan
Jeruk nipis 4 buah
Kucai 4 tangkai, potong-potong
Tauge 150 gram

Setelah semua bahan-bahannya siap, sekarang kita bisa membuat laksa Betawi sendiri di rumah.

Cara membuat:

Setelah semua bahan-bahannya siap, sekarang kita tata dan cek kembali barangkali ada yang kurang ya. Jika semua bahan sudah komplit sekarang saatnya kita mencoba resep laksa betawi. Adapun cara membuatnya sebagai berikut.

pertama kita cuci daging ayam dengan air mengalir. Bersihkan juga lendir-lendir serta sisa darah yang menempel pada daging ayam, lalu tiriskan.

Selanjutnya siapkan panci lalu rebus daging ayam dengan 2 liter air sampai matang. Jangan lupa bersihkan kotoran serta gelembung-gelembung yang mengambang.

Setelah daging matang, angkat dan suwir-suwir dagingnya, lalu ukur 1500 ml air kaldunya.
Kemudian kita siapkan wajan, lalu panaskan minyak. Setelah panas, tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.

Selanjutnya kita tambahkan udang, lalu aduk sampai berubah warna.

Setelah itu baru masukkan santan, air kaldu ayam, garam, dan gula pasir. Masak sambil aduk-aduk santan sampai mendidih, lalu angkat.

Selanjutnya seduh semua bahan pelengkap dalam sedikit kuah.

Setelah semua bahan siap, selanjutnya siapkan mangkuk, lalu masukkan bahan pelengkap, siram kuah, dan sajikan. Mudah bukan, selamat mencoba. (adt)

Lezatnya Laksa Mantap Dihidangkan Hangat

Loading...

Related Post