Anies Baswedan atau Tito Karnavian Bakal Lantik Sekda DKI yang Terpilih

Anies Baswedan atau Tito Karnavian Bakal Lantik Sekda DKI yang Terpilih
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir (ist)
Editor : Potan Balaikota — Jumat, 11 Desember 2020 12:49 WIB
terasjakarta.id

Satu dari tiga kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta diprediksi bakal dilantik pada Januari 2021 mendatang. Aparatur sipil negara (ASN) yang lolos itu dapat dilantik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, tergantung keputusan akhir dari pihak Istana.

“Surat Keputusan (SK) Presiden mengenai pengangkatan akan diserahkan kepada Gubernur untuk dilanjutkan pelantikan oleh Gubernur dan atau Menteri Dalam Negeri,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir pada Jumat (11/12/2020).

Chaidir mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melalui Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Tahun 2020 telah mengirimkan tiga nama kandidat Sekda DKI yang memperoleh nilai di atas 75,00 pada Selasa (8/12/2020) lalu. Mereka adalah Sri Haryati selaku Penjabat (Pj) Sekda DKI; Marullah Matali selaku Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Sigit Wijatmoko selaku Wali Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Pengumuman tersebut sudah direkomendasi KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) dan sudah disampaikan ke Kemendagri RI selanjutnya kepada Presiden RI. Jadi Pemda DKI Jakarta tinggal menunggu keputusan dari tiga terbaik siapa di antaranya yang menjadi Sekda definitif dan akan dituangkan dalam Keppres RI,” jelasnya.

Menurutnya, yang menentukan sosok Sekda DKI Jakarta bukanlah Gubernur, melainkan Presiden. Namun demikian, Gubernur DKI Jakarta berhak mengajukan tiga nama kandidat Sekda kepada Presiden.

Hal ini sebagaimana UU Nomor 29 tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota NKRI. Aturan itu menjelaskan, Sekda diangkat dan diberhentikan Presiden atas usulan Gubernur.

Karena itu, kata dia, Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri membentuk Tim Penilai Akhir (TPA). Tim ini nantinya akan bekerja untuk merumuskan dan memilih satu dari tiga kandidat yang layak menjadi Sekda DKI Jakarta.

“TPA di Presiden RI untuk menentukan satu terbaik dari tiga terbaik yang diusulkan Pemda DKI Jakarta. Jadi yang menentukan akhirnya adalah TPA di Presiden RI,” ungkapnya.

Chaidir menjelaskan, bila tidak halangan proses pelantikan Sekda definitif akan digelar pada Januari 2020 mendatang. Jadwal pelantikan itu dianggap sesuai dengan masa akhir jabatan Sri Haryati sebagai Pj Sekda DKI saat ini.

“Kalau diujung Desember sudah ada tiga nama itu, berarti Januari atau Februari awal sudah keluar SK dan pelantikan. Dan itu tepat, karena masa jabatan Pj Sekda nggak boleh lebih dari tiga bulan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Sri Haryati sebagai Pj Sekda DKI Jakarta sejak Rabu (7/10/2020) lalu. Sri menggantikan jabatan Sekda sementara yang dtinggalkan Saefullah karena wafat akibat terserang Covid-19 pada Rabu (16/9/2020) lalu.

Di sela kesibukannya menjadi Pj Sekda, Sri juga mengikuti seleksi terbuka menjadi Sekda DKI definitif. (adt)

Anies Baswedan Tito Karnavian Lantik Sekda DKI

Loading...

Related Post