Lapet Batak Rasanya Lembut dan Gurih di Mulut

Lapet Batak Rasanya Lembut dan Gurih di Mulut
ist
Editor : Potan Jakarta Food — Kamis, 10 Desember 2020 15:42 WIB
terasjakarta.id


Hari Natal sudah dekat. Semangat untuk menyambut Hari Natal pun sudah bisa dilakukan seperti misalnya memasang pohon Natal, mendekorasi rumah atau berbelanja untuk memasak menu lezat di malam Natal.

Makanan khas Natal banyak juga berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan mempunyai karakteristik unik seperti Kue Lampet atau Lapet.

Lampet atau sering ditulis Lapet adalah jajanan tradisional Batak dari Tapanuli, Sumatera Utara. Kue ini biasanya berbentuk seperti piramida dan dibungkus dengan daun pisang. Lapet biasa disajikan saat Hari Raya Natal.

Proses pembuatannya tidak begitu rumit, mulai dari mencampur tepung beras dan kelapa parut lalu ditambah oleh gula parut dan air. Setelah adonan penuh, dibungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang.

Lapet ada 2 jenis yaitu dibedakan dari bahan dasarnya yaitu beras ketan atau beras biasa. Rasanya lembut, manis dan gurih di mulut dengan parutan kelapa dicampur gula merah.

Resep Pembuatan Lapet Batak

Bahan-bahan
40 porsi
1/2 kg beras
1 butir kelapa parut
200 gram gula pasir
250 gram gula merah untuk isian ( diiris halus)
secukupnya garam
daun pisang untuk membungkus

Cara Pembuatan

rendam beras yang telah dicuci dalam air bersih selama 4 jam. kemudian tiriskan. setelah kering dan tidak lengket dipegang giling beras dipasar.

jemur daun pisang sampai setengah layu agar tidak mudah sobek saat dipakai untuk membungkus.

bungkus beras yang telah menjadi tepung dengan serbet kemudian kukus selama 20 menit.

setelah itu ayak tepung beras yang telah dikukus tadi,campurkan kelapa parut,gula pasir dan garam.aduk rata.

bungkus dengan daun pisang kira-kira ukuran 25 x 15 cm berbentuk seperti kerucut pendek dan lebar, kemudian susun dalam kukusan, kukus selama 30 menit.

Setelah matang lapet beras siap untuk disajikan bersama teh manis hangat dan cocok untuk sarapan. Selamat mencoba. (adt)



Lapet Batak Lembut dan Gurih Mulut

Loading...

Related Post