Bingung Isi Liburan di Akhir Tahun ? Yuk, Ke Pulau Kelor

Bingung Isi Liburan di Akhir Tahun ? Yuk, Ke Pulau Kelor
Pulau Tidung
Editor : Donald Traveling — Selasa, 8 Desember 2020 16:50 WIB
terasjakarta.id


Kepulauan Seribu adalah pilihan yang tepat untuk menjadi destinasi liburan akhir tahun, khususnya buat warga DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu adalah wilayah Administratif Provinsi DKI Jakarta yang meliputi gugusan kepulauan Teluk Jakarta.

Bagi pecinta destinasi wisata bawah laut dan sejarah,  direkomendasikan untuk mengunjungi daerah Kepulauan Seribu, Jakarta. Anda bisa melihat keindahan bawah laut dan di sana telah disediakan  peralatan untuk snorkling dan diving.

Pulau Kelor memang tak setenar beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Namun,  jangan salah, Keindahan alamnya tak kalah dengan pulau-pulau yang ada.

Pulau ini diberi nama Pulau Kelor dikarenakan pada zaman dahulu terdapat banyak pohon kelor yang tumbuh di sana.

Pada abad ke 17, VOC membangun Benteng Martello untuk menghadapi serangan musuh di Pulau ini. Meskipun luasnya hanya 28 hektar, pulau ini menjadi basis pertahanan penting pada masanya.

Selain itu, di Pulau Kelor ini juga terdapat beberapa peninggalan sejarah lainnya. Pulau ini berada dalam deretan pulau lainya seperti pulau Onrust dan pulau Cipir.

Selain panorama alam yang indah, udara segar minim polusi, dan pantai pasir putih, Pulau Kelor juga menawarkan situs bersejarah. Pulau Kelor atau dahulu dikenal sebagai Pulau Kerkhoff ini cukup memiliki cerita dan sejarah panjang di zaman penjajahan, oleh karena itu bagi anda yang berkesempatan datang ke sana, pasti menemukan beragam peninggalan zaman tersebut dari mulai sebuah benteng peninggalan Belanda bernama benteng Martello.

Benteng dari abad ke-17 ini dibangun untuk mempertahankan diri dari serangan Portugis hingga kuburan kapal tujuh yang cukup dikenal.

Untuk berWisata ke Pulau ini,  Anda hanya perlu membayar tiket Rp. 5.000, selain bisa berenang di pantai anda bisa berjalan-jalan mengelilingi pulau. selanjutnya mengambil gambar di antara puing-puing Benteng Martello. Sebuah keindahan yangtidak bisa dilewatkan begitu saja.

Bagi anda yang sangat gemar dengan olahraga memancing, ternyata Pulau Kelor ini merupakan surga bagi para pemancing yang ingin menaklukan ikan kerapu batu. Anda bisa mendirikan tenda di pantai dan melihat indahnya gemerlap kota Jakarta dari Pulau ini pada malam hari. Namun Anda harus meminta izin kepada penjaga pulau terlebih dahulu.

Untuk berwisata ke Pulau Kelor, dapat ditempuh melalui Dermaga Marina, Ancol. Estimasi biaya transportasu berkisar dari Rp100.000 – Rp300.000. Sedangkan  perjalanan dari Dermaga Marina, Ancol menuju Pulau Kelor memakan waktu sekitar satu jam menggunakan speed boat.(adt)

 

Kepulauan Seribu adalah pilihan yang tepat untuk menjadi destinasi liburan akhir tahun khususnya buat warga DKI Jakarta.

Loading...

Related Post