Ketua Satgas Covid-19 Nasional Doni Monardo Ajak Masyarakat di Rumah Saja Saat Libur Natal-Tahun Baru

 Ketua Satgas Covid-19 Nasional Doni Monardo Ajak Masyarakat di Rumah Saja Saat Libur Natal-Tahun Baru
Doni Monardo (Poskota.co.id)
Editor : Donald Berita Anda — Selasa, 8 Desember 2020 10:38 WIB
terasjakarta.id


Penambahan kasus baru penyebaran Covid-19 secara nasional masih mencatat angka yang mengkhawatirkan. Terakhir ada penambahan 5.754 kasus baruM, sehingga total pasien terkonfirmasi saat ini sudah mencapai 581.550 kasus semenjak virus Corona mewabah di Indonesia.

Melihat masih tingginya angka penyebaran Covid-19,  Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mengisi libur akhir tahun 2020 pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 pada masa pandemi Covid-19 dengan melakukan kegiatan di rumah saja.

Menurut Doni,  libur akhir tahun 2020 berpotensi menimbulkan kerumunan di tempat-tempat umum yang dapat memicu terjadinya kerumunan dan  meningkatkan risiko penularan virus Covid-19.

“Di depan  ada  libur Hari Raya Natal dan libur Tahun Baru 2021, yang tentunya ini akan berpotensi terjadinya kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan, termasuk juga acara-acara keluarga,” kata Doni dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa, (8/12).

Lebih jauh Doni mengatakan, selain berpotensi meningkatkan  penularan Covid-19, Doni Monardo yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem dalam tiga pekan ke depan, sebagaimana menurut prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Makanya, lanjut Doni, masyarakat diminta untuk mengantisipasi dari adanya potensi dampak bencana alam yang dapat dipicu oleh faktor cuaca tersebut.

"Karena kita lihat perkembangan cuaca pada dua tiga minggu yang akan datang, cuaca ekstrem hampir melanda di seluruh wilayah nasional kita sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh BMKG,” kata Doni.


Pada Senin kemarin, pemerintah melaporkan penambahan kasus baru Covid-19 yang terkonfirmasi ada penambahan 5.754 kasus, sehingga total pasien terkonfirmasi saat ini sudah mencapai 581.550 kasus semenjak virus Corona mewabah di Indonesia.

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penambahan kasus paling tinggi sebanyak 1.466 kasus, disusul Jawa Barat sebanyak 1.171 kasus,  dan Jawa Tengah sebanyak 594 kasus baru per 7 Desember.

Dikutip dari laman covid-19.go.id, hari ini ada sebanyak 4.431 kasus sembuh, sementara kasus kematian Corona tercatat 127 orang.

Detail perkembangan virus Corona di Indonesia pada Senin (7/12)  adalah sebagai berikut, kasus positif bertambah 5.754 menjadi 581.550, pasien sembuh bertambah 4.431 menjadi 479.202, pasien meninggal bertambah 53 menjadi 17.867 (Donald)

Ketua Satgas Covid-19 nasional Doni Monardo mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah saja saat libur Natal dan Tahun baru karena berpotensi menciptakan kerumunan yanb bisa meningkatkan penyebaran Covid-19.

Loading...

Related Post