Yes, Vaksin Sinovac Tiba, Jokowi: Alhamdulillah Kita Bisa Segera Tangkal Covid-19

Yes, Vaksin Sinovac Tiba, Jokowi: Alhamdulillah Kita Bisa Segera Tangkal Covid-19
Petugas sedang menurunkan kontainer berisi vaksin Covid-19 yang diangkut dengan pesawat kargo khusus milik Garuda, di Bandara Sokerno-Hatta, Tangerang, Minggu (6/12) malam. (okezone.com)
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 7 Desember 2020 02:16 WIB
terasjakarta.id


Kabar gembira buah masyarakat Indonesia,  vaksin  Covid-19 sudah tiba di Tanah Air Semalam. Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac, tiba di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (6/12). Vaksin itu diangkut menggunakan pesawat kargo khusus Garuda Indonesia Boeing 777-300 EA rute Jakarta-Beijing-Jakarta.
Preiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan kedatangan vaksin tersebut mengatakan, selain 1,2 juta dosis vaksin yang datang bulan ini, pemerintah juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin untuk tiba di awal Januari 2021.
"Alhamdulillah vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa segera mencegah meluasnya wabah Covid-19. Tapi untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," ujar Presiden Jokowi.
Menurut Kepala Nagera, Vaksin yang datang tersebut telah melewati uji secara klinis tahap III di Bandung sejak Agustus 2020 lalu.
“Selain vaksin dalam bentuk jadi, dalam bulan Desember ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin dan sebanyak 30 juta dosis vaksin di Januari 2021 dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses lebih lanjut oleh PT Bio Farma Persero,” kata Presiden.
Lebih jauh mantan Gubernur DKI itu mengatakan, sebelum melakukan vaksinasi ke masyarakat, seluruh prosedur harus dilalui dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektivitas vaksin.
Meski demikian,  Presiden tetap meminta agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai makser, manjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.
“Meski vaksin sudah ada kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, selalu harus terus kita lakukan. Semoga Tuhan yang Maha Esa memberkahi kita semua untuk bisa melewati ujian wabah ini,” kata Presiden dalam pernyataan di akun resmi Youtube milik Sekretariat Presiden.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan vaksinasi Covid-19 semakin membangun rasa aman dan kepercayaan diri bangsa.
"Vaksinasi akan semakin membangun rasa aman dan kepercayaan diri kita sebagai bangsa dalam melakukan berbagai aktivitas sosial dan ekonomi, mendukung ketahanan kesehatan, mendorong produktivitas serta menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya melalui tayangan video Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu malam.
Menurut Airlangga, kedatangan vaksin ini merupakan momentum awal dari langkah nyata pemerintah dalam proses pengadaan vaksin Covid-19, sekaligus menerjemahkan pernyataan Presiden di mana keselamatan rakyat menjadi prioritas utama dalam penanganan Covid-19.

Lebih jauh Airlangga mengatakan, vaksin itu masih harus  harus melalui tahap evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk memastikan aspek mutu, keamanan, dan efektivitasnya.
Selain itu, menunggu fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk aspek kehalalannya. (Donald)


Vaksin Covid-19 Sinovac akhirnya tiba di Tanah Air Minggu (6/12). Dalam waktu dekat vaksin ini akan segera disuntikkan ke masyarakat sebagai upaya mencegah penyebaran virus yang sudah banyak memakan korban jiwa di seluruh dunia itu.

Loading...

Related Post