Masjid Nurul Imam dengan Sentuhan Timur Tengah, jadi Wisata Religi yang Instagramable

Masjid Nurul Imam dengan Sentuhan Timur Tengah, jadi Wisata Religi yang Instagramable
ist
Editor : Potan Traveling — Minggu, 6 Desember 2020 17:18 WIB
terasjakarta.id


Masjid Nurul Imam dibuat dengan sentuhan masjid-masjid di Timur Tengah. Tujuannya agar jamaah yang telah menunaikan Haji atau Umrah apabila masih rindu masjidil Haram dan Nabawi, dapat merasakan suasana itu kembali di Masjid Nurul Imam, Blok M Square.

Yah, Masjid Nurul Imam berada diatas pusat perbelanjaan Blok M Square. Jadi sekalian berbelanja, kita dapat menikmati wisata religi di Masjid Nurul Imam yang berada diatas Blok M Square.

Jika berkunjung ke Blok M Square, kita bisa naik, dan naik lagi ke lantai berikutnya, hingga lantai paling atas. Di sini, ada sebuah tempat ibadah yang dapat membuat siapa pun tercengang. Dibangun oleh dana dari para pedagang di Blok M Square dan jamaah pengunjung, Masjid Nurul Iman berdiri sebagai penerang di ketinggian bangunan mall ini.

Masjid Nurul Iman, nama yang disematkan pada tempat ibadah umat Muslim ini, seakan memang hadir menerangi kelamnya kehidupan yang tampak glamor.

Konsep arsitektur masjid di lantai 7 Blok M Square ini menyerupai Masjidil Haram di Makkah. Dan sejak di halaman masjid, kita akan disambut oleh miniatur Ka’bah. Memang miniatur Ka’bah yang dibangun di area masjid ini ditujukan untuk kegiatan manasik haji, tapi tetap saja tampak menyatu indah dengan keseluruhan bangunan saat tak digunakan.

Hanya saja ukuran yang berbeda, bentuk dan detail Ka’bah di Masjid Nurul Iman ini mirip sekali dengan aslinya, bahkan termasuk Maqam Ibrahim dan Hajar Aswad-nya.

Tak seperti masjid-masjid pada umumnya yang tampak mencolok dengan kubah besar, bagian atap Masjid Nurul Iman tampak sederhana saja dengan kubah-kubah kecil di beberapa sudut bangunan. Detail lancip pada kubah, teras, dinding, dan perpaduan warna pada bagian relung masjid ini lebih mengingatkan pada gaya istana Persia.

Pintu masjid yang unik dengan ukiran dan sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara mengantar kita memasuki ruang ibadah Masjid Nurul Iman yang sanggup menampung sekitar 3.000 jamaah.

Bagian dalam ruang masjid ini cukup lapang, dengan karpet yang nyaman untuk beribadah. Langit-langit masjid, khususnya bagian kubah yang merelung, dihiasi dengan lukisan awan dan sebuah lampu hias yang menggantung indah di tengahnya.

Tak hanya bangunan fisiknya, Masjid Nurul Iman juga memiliki jadwal kajian rutin. Apalagi lokasinya yang dekat dengan area parkir, pengunjung bisa langsung menuju masjid tanpa perlu memasuki area perbelanjaan Blok M Square.

Sebaliknya, para pengunjung dan pedagang mall bisa mengikuti shalat berjamaah dan kajian di masjid ini melalui elevator yang langsung terhubung dengan lantai paling atas bangunan pusat perbelanjaan ini. Penasaran ? Atau rindu Makkah ? Coba datang ke masjid ini, Insya Allah tersalurkan. (adt)

Masjid Nurul Imam Sentuhan Timur Tengah Wisata Religi Instagramable

Loading...

Related Post