Ditetapkan Tersangka, KPK Minta Mensos Juliari Batubara Menyerahkan Diri

 Ditetapkan Tersangka, KPK Minta Mensos Juliari Batubara Menyerahkan Diri
Meneteri Sosial Juliari Batubara (poskota.co.id)
Editor : Donald Berita Anda — Minggu, 6 Desember 2020 02:28 WIB
terasjakarta.id


Penangkapan terhadap sejumlah pejabat Kementerian Sosial dalam Operasi Tangkap Tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) sepanjang Jumat (4/12) malam hingga Sabtu (5/12) dinihari akhirnya menyasar Menteri Sosial Juliari P Batubara 

KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait bansos Covid-19. Selain Juliari, KPK juga menetapkan empat orang tersangka lain.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan dalam kasus ini KPK menetapkan lima orang tersangka. Antara lain: sebagai penerima adalah Mensos Juliari Peter Batubara,  Pejabat Pembuat Komitmen Kemensos Matheus Joko Santoso, dan  Pejabat Pembuat Komitmen Kemensos Adi Wahyono.

Sementaa dua orang lainnya adalah dari pihak pemberi atau penyuap adalah Ardian I M (Swasta) dan Harry Sidabuke (swasta).

Dari jumlah tersebut, kata Firli Bahuri  dua orang tersangka ditahan di rutan KPK dan dua tersangka lainnya masih diburu.

"Saudara MJS ditahan di rutan KPK cabang Gedung Merah Putih. Kedua saudara AIM ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Yang ketiga saudara HS ditahan di Rutan KPK Kavling C1," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam pernyataan pers di Gedung Merah Putih KPK, Minggu (6/12/)

Sementara itu, setelah ditetapkan sebagau tersangka, KPK meminta Mensos Juliari Peter Batubara segera menyerahkan diri ke KPK.

"Kami imbau, kami minta, kepada para tersangka, saudara JPB dan saudara AW, untuk kooperatif dan segera mungkin menyerahkan diri kepada KPK," kata Firli

 "Para tersangka kita lakukan penahanan saat ini dilakukan penahanan di rumah tahanan negara selama 20 hari pertama terhitung sejak tanggal 5 Desember 2020 sampai dengan 24 Desember 2020," kata dia. Donald)Firli mengatakan para tersangka  akan ditahan selama 20 hari setelah ditetapkan sebagai tersangka. Penahanan terhitung sejak 5 Desember 2020. (donald)

KPK menetapkan lima orang tersangka yaitu:

Diduga sebagai penerima

  1. Juliari Batubara selaku Mensos
    2. Matheus Joko Santoso selaku pejabat pembuat komitmen di Kemensos
    3. Adi Wahyono

Diduga sebagai pemberi

  1. Ardian IM selaku swasta
    2. Harry Sidabuke selaku swasta

 

Menteri Sosial Juliari Batubara diminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyerahkan diri setelah dirinya ditetapkan tersangka karena terlibat dalam kasus suap dana bansos Covid-19.

Loading...

Related Post