Bahagianya Pemain Senior Persija Jakarta Ini Setelah Kantongi Lisensi Kepalatihan C AFC

Bahagianya Pemain Senior Persija Jakarta Ini Setelah Kantongi Lisensi Kepalatihan C AFC
Tony Sucipto (Persija Media)
Editor : Donald Berita Anda — Minggu, 6 Desember 2020 01:07 WIB
terasjakarta.id


Pemain senior Persija Jakarta, Tony Sucipto, sedang bahagia. Maklum, pemain yang kerap disapa dengan panggilan Toncip ini,  kini  menyandang status sebagai seorang pelatih meski masih aktif sebagai pemain bola.

Yah, mantan pemain Persib Bandung  ini  baru saja mengikuti lisensi kepelatihan C AFC. Dia sudah dinyatakan lulus  mendapatkan lisensi C setelah mengikuti program lisensi kepelatihan di Kuningan, Jawa Barat  pada tanggal 16– 28 November 2020 kemarin.

Dalam kursus tersebut, Toncip mendapatkan banyak ilmu dari beberapa tokoh pelatih kenamaan di sepak bola Indonesia. Pemain asal Surabaya itu merasa senang dengan pencapaiannya tersebut. Apalagi, saat ini ia masih aktif bermain di level tertinggi.

“Alhamdulillah, kursus lisensi kepelatihan C di Kuningan berjalan lancar. Tanggal 28 kemarin selesai. Kemarin di kursus bersama beberapa pemain asal Jawa Barat seperti Dedi Kusnandar, Dias Angga, Airlangga, Saepulloh, dan masih banyak lagi,” ujar Toncip yang mengaku sangat bahagia.

Toncip berharap, ilmu yang ia dapat itu bisa bermanfaat bagi dirinya yang masih aktif bermain sepak bola. Tidak hanya itu pemain bernomor punggung 16 ini berharap bisa membagikan pengetahuannya kepada pemain-pemain muda.

“Rencananya setelah ini saya aplikasikan ilmu yang saya dapat di SSB sekitaran Bandung terlebih dahulu. Apalagi setelah kursus harus segera dipraktekan. Mungkin untuk melatih di Persija Soccer School saya akan ke sana setelah latihan Persija berjalan,” ujarnya di laman resmi Persija Jakarta.

Lepas dari kebahagiannya mendapat sertifikat kepelatihan, palang pintu Macan Kemayoran, julukan Persija ini, mengaku tetap berkonsentrasi bersama Persija Jakarta meski kini kompetisi sedang tidak berjalan akibat pandemic Covid-19.

Ia mengatakan, jika masih bersama Persija, dirinya memiliki tekad besar di musim depan. Toncip ingin memperbaiki pencapaian di Liga 1 musim 2020. Bahkan dirinya ingin membawa Persija meraih gelar juara.

Tapi untuk mencapai target tersebut, pemain berusia 33 tahun itu mengatakan timnya butuh proses. Apalagi ia sadar bahwa jalan yang bakal dilalui tidaklah mudah di musim depan.

Maka dari itu untuk menghadapi kompetisi, Persija harus fokus meraih hasil positif dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Artinya, Persija tidak langsung memikirkan semua pertandingan atau lawan yang akan dihadapi.

Toncip mengaku sangat senang jika kembali mendapatkan kepercayaan di Persija pada musim depan. Hal ini yang menjadi dasar dirinya ingin membawa Macan Kemayoran berprestasi di musim depan.

“Ya saya senang bisa bertahan di Persija. Harapannya pastinya lebih baik dari musim kemarin, seperti pribadi dan lain-lain,” tutupnya.

Awal kedatangannya Toncip dari Persib Bandung ke Persija 2019 lalu  banyak yang meragukannya. Namun,  Toncip membuktikannya dengan menjadi pemain yang paling yang sering bermain dengan 33 penampilan bersama Persija di Shopee Liga1 2019.

Bahkan perannya sangat sentral lantaran bisa bermain di beberapa posisi. Toncip ditempatkan di berbagai posisi dari bek tengah, bek kiri, bek kanan hingga gelandang bertahan. (Donald)

 

Pemain Persija Jakarta Tony Sucipto baru saja mengikuti lisensi kepelatihan C AFC dan dinyatakan lulus setelah mengikuti program lisensi kepelatihan di Kuningan Jawa Barat pada tanggal 16– 28 November 2020.

Loading...

Related Post