Anak Buahnya Ditangkap, Ini Kata Mensos Juliari Batubara

Anak Buahnya Ditangkap, Ini Kata Mensos Juliari Batubara
Mensos Juliari Batubara (Poskota.co.id)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 5 Desember 2020 12:34 WIB
terasjakarta.id


 

Sejumlah pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) yang tertangkap tangan  Komisi Pemberantasan Korupsi sepanjang Jumat (4/12) malam hingga Sabtu (5/12) dini hari masih menjalani pemeriksaan ini kantor KPK.

KPK belum bersedia memberikan ketarangan secara lengkap mengenai identitas para tersangka maupun kejelasan kasusnya. Sejauh ini, hanya disebutkan para tersangka yang diamankan itu terkait suap dari para vendor dalam kaitan dengan bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Menteri Sosial RI Juliari Batubara  menyatakan belum bisa menanggapi lebih lanjut terkait operasi tangkap tanan (OTT) yang menjerat pejabat Kementerian Sosial RI.

"Kami masih monitor perkembangannya," kata Mensos singkat   Sabtu (5/12).

Sebelumya, Ketua KPK, Firli Bahuri, mengungkapkan, OTT dilakukan pada Jumat (4/12) jam 23.00 sampai dengan Sabtu (5/12) pukul 02.00 dini hari WIB. 

"Betul, pada hari Jumat tanggal 4 Desember 2020 jam 23.00 sampai Sabtu 5 Desember 2020 jam 02.00 dinihari KPK telah melakukan tangkap tangan terhadap tersangka PPK pada program bansos di Kemensos RI,"  kata  Filri.

OTT tersebut, kata Firli, terkait kasus dugaan korupsi PPK telah menerima hadiah dari para vendor PBJ bansos di Kemensos RI dalam penanganan Pandemi Covid-19."

Firli belum bersedia memberikan banyak informasi kepada media. Penyidik sedang bekerja di lapangan.

"Tolong beri waktu kami bekerja dulu, nanti pada saatnya KPK akan memberikan penjelasan," kata Firli.

Lembaga antirasuah mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang telah diamankan.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menambahkan, KPK tidak hanya mengamankan uang namun KPK juga mengamankan beberapa orang dalam operasi tersebut. "Diduga mereka pejabat Kemensos berkaitan ondengan tindak pidana korupsi," kata Ghufron.   

Dia mengatakan, KPK saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap orang yang diamankan tersebut. Meski demikian, lembaga antirasuah itu masih merahasiakan identitas serta jumlah uang barang bukti yang diamankan dalam operasi senyap itu.  

Dugaan korupsi ini menjerat PPK (pejabat pembuat komitmen) Program Bansos. Mereka diduga menerima hadiah dari para vendor pengadaan barang dan jasa bantuan sosial di kemensos RI dalam penanganan pandemi Covid-19.  (donald)

Sejumlah pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) yang tertangkap tangan Komis Pemberantasan Korupsi sepanjang Jumat (4/12) malam hingga Sabtu (5/12) dini hari masih menjalani pemeriksaan ini kantor KPK.

Loading...

Related Post