5 Desember Hari Relawan Sedunia, JPS: Makasih Relawan Penanggulangan Covid-19

5 Desember Hari Relawan Sedunia, JPS: Makasih Relawan Penanggulangan Covid-19
Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS) M Syaiful Jihad
Editor : Potan News — Sabtu, 5 Desember 2020 12:15 WIB
terasjakarta.id

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1985 telah menetapkan tanggal 5 Desember merupakan Hari Relawan Sedunia atau biasa disebut International Volunteer Day (IVD).

Sosok relawan bagi sebagian pihak yang pernah mendapatkan bantuan relawan pasti menganggap tanggal itu sebagai hal yang perlu disukuri. Berbagai bencana yang terjadi di dunia tidak akan cepat selesai tanpa adanya campur tangan relawan.

Nah, pada tahun 2020 ini bencana non alam yakni covid-19 melanda di seantero dunia. Sosok relawan dalam penanggulangan penyebaran dan kesembuhan pasien covid-19 merupakan kerja nyata sekarang ini.

Menanggapi hal itu Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS) M Syaiful Jihad mengatakan, di tahun 2020 ini peran dan uluran tangan dari relawan yang rela meninggalkan keluarga di kampung halaman, patut dihormati dan diberi apresiasi.

"Tahun 2020 ini kita patut memberikan apresiasi kepada relawan penanggulangan covid-19. Mereka rela meninggalkan keluarga, mereka mempertaruhkan nyawa demi membantu sesama," kata Syaiful melalui keterangan tertulis, Sabtu (5/12/2020).

Terkait hal itu, JPS dalam lingkup wilayah DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam penanganan covid-19, seperti FKPPI, Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia, Bang Japar, Pemuda Pancasila, Kahmi Jaya, Bamus Betawi, Menwa Jayakarta.

"Terima kasih untuk semua relawan penanggulangan Covid-19," kata Syaiful.

Untuk diketahui, hingga Jumat kemarin (4/12), Indonesia memiliki 563.680 kasus positif Covid-19 sejak pengumuman kasus perdana pada 2 Maret 2020.

Jumlah kasus terkonfirmasi positif masih mengalami penambahan dalam 24 jam terakhir.

Dari data yang dibagikan Satgas Penanganan Covid-19 kepada wartawan pada Jumat sore, terdapat 5.803 kasus baru selama 3-4 Desember 2020.

Jumlah kasus baru tersebut tersebar di 33 provinsi di Tanah Air. Penambahan kasus tertinggi dalam satu hari terjadi di DKI Jakarta yang memiliki 1.032 kasus baru.

Diikuti dengan Jawa Barat yang memiliki 992 kasus baru serta Jawa Tengah dengan 891 kasus baru.

5 Desember Hari Relawan Sedunia JPS Relakan Penanggulangan Covid-19

Loading...

Related Post