Kiat Pemain Naturalisasi Persija Jakarta Ini Jaga Stamina dari Serangan Virus Corona

 Kiat Pemain Naturalisasi Persija Jakarta Ini Jaga Stamina dari Serangan Virus Corona
Marc Anthony Klok (Persija Media)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 5 Desember 2020 11:28 WIB
terasjakarta.id


Gelandang naturalisasi Persija Jakarta berdarah Belanda Marc Anthony Klok adalah sosok yang sangat  memperhatikan apa yang dikonsumsinya. Untuk makanan, ia selalu memilih buah-buahan dan sayuran. Hal ini diakuinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari virus.

Sama seperti makanan, Klok juga memperhatikan minuman yang dipilihnya. Sama seperti anak muda kebanyakan, pemain kelahiran 1993 itu menyukai kopi.

Kopi yang dipilih Klok juga tidak sembarangan. Klok suka kopi hitam tanpa gula. Menurutnya mengurangi gula juga sangat baik bagi tubuh.

“Saya suka kopi hitam tanpa gula, bisa dibilang juga kopi pahit. Hal ini tentunya bermanfaat bagi tubuh jika mengurangi gula,” ungkapnya di laman Persija.

Menurut berbagai ahli, kopi tanpa gula memang menghadirkan banyak manfaat. Di antarnya menjaga mood, mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko diabetes.

Klok optimistis kebugaran fisiknya tetap terjaga meski saat ini tim diliburkan karena pandemi corona. Ia mengaku selalu berusaha menjaga kondisi lewat latihan serta mempraktekan pola hidup sehat.

Selama Liga 1 diliburkan, Persija membekali pemainnya dengan program dan tugas buat para pemainnya. Program itulah yang selalu dijadikan pedoman oleh gelandang berdatrah  Belanda ini selama masa karantina.

“Saya banyak melakukan latihan demi menjaga kesehatan dan fisik. Saya juga berusaha menambah kebugaran yang akan membantu saya tetap aman dan mencegah terinfeksi corona. Karena saya yakin ketika kamu berlatih dengan baik, makan dan minum yang sehat lalu kamu menjaga kebugaran praktis kecil kamu akan terinfeksi corona,” ujar Klok, seperti dikutip laman Persija.

Menurut Klok, aktivitas latihan di rumah seperti latihan core stability maupun berlari membuat fisiknya terjaga. Selain itu, pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi membuat dia yakin akan tetap fit saat kembali menjalani latihan.

“Dengan ini semua ketika keadaan normal dan saya kembali ke lapangan dengan seragam Persija saya juga sudah siap. Nantinya kita akan menikmati pertandingan dan tentunya merayakan dengan kemenangan,” kata Marc Klok.

 

Resmi Jadi WNI

Marc Klok resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani pengambilan sumpah.pada Kamis 12 November lalu di  Kementerian Hukum dan Ham Wilayah DKI Jakarta, Kamis (12/11).

Kala itu, mengenakan jas dan peci, pemain kelahiran Amsterdam itu dengan lancar menyatakan sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

 

"Demi Tuhan, saya bersumpah untuk melepaskan kekuasaan asing dan tunduk kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ucap Marc Klok.

Usai resmi menjadi WNI, Klok merasa lega. Pemilik nomor punggung 10 di Persija itu mengaku sangat gembira dan siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

"Sangat senang dan terima kasih kepada Persija dan seluruh pihak yang mendukung. Akhirnya saya menjadi orang Indonesia dan bisa bermain di Timnas Indonesia. Saya berharap bisa memberikan prestasi tertinggi untuk negara ini," kata Klok, yang juga mantan penggawa Oldham Athletic, Dundee, dan PSM Makassar itu.

Marc Klok sendiri sudah berada di Indonesia sejak 2017, sejak memperkuat PSM Makassar. Selain lama tinggal di Indonesia, ia juga punya garis keturunan Indonesia dari sang kakek buyut, Jan Ernst Karel, yang berdarah Makassar. (Donald)

 

Gelandang naturalisasi Persija Jakarta berdarah Belanda Marc Anthony Klok adalah sosok yang sangat memperhatikan apa yang dikonsumsinya. Untuk makanan ia selalu memilih buah-buahan dan sayuran. Hal ini diakuinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan me

Loading...

Related Post