Asinan Betawi Paling Segar, Enak Pakai Sambal Kacang dan Kerupuk

Asinan Betawi Paling Segar, Enak Pakai Sambal Kacang dan Kerupuk
ist
Editor : Potan Jakarta Food — Jumat, 4 Desember 2020 18:49 WIB
terasjakarta.id


Berkunjung ke Jakarta, tidak lengkap bila tidak mencicipi jajanan pinggir jalan. Harga yang murah dan punya rasa khas membuat makanan pinggir jalan tetap jadi pilihan masyarakat.

Asinan Betawi merupakan salah satu makanan khas Jakarta yang digemari banyak orang. Makanan berkuah yang memiliki rasa pedas dan asam ini biasanya memiliki isian sayuran segar yang diawetkan.

Kita bisa membuat asinan Betawi dengan bahan-bahan pilihan. Jika ingin membuat asinan Betawi berbahan dasar sayuran, Anda bisa menyiapkan beberapa sayuran, seperti kol, sawi, selada, taoge, tahu putih, dan kacang tanah.

Asinan betawi juga tergolong makanan yang menyehatkan, karena banyak mengandung sayur-sayuran. Sebagai pelengkap, asinan Betawi biasanya ditambahkan dengan kerupuk mi kuning dan kerupuk merah.

Anda juga bisa mengkreasikan isi asinan Betawi dengan berbagai isian. Biasanya, asinan Betawi dimasak dengan cara pengacaran. Untuk bumbu kuah, asinan Betawi terbuat dari bumbu kacang yang segar karena dicampur dengan cuka dan cabai.

Ketika suapan pertama, rasa asin akan lebih dominan dibandingkan rasa manis dan pedas. Rasa asin ini berasal dari sayur sawi yang diasinkan.

Proses pengasinan sendiri dilakukan dengan merebus sawi dengan air garam dan merendamnya di dalam toples. Semakin lama direndam, semakin asin sawi dan juga akan terasa sedikit pahit.

Untuk sayuran lainnya, hanya dipotong, kemudian dicuci bersih dan direndam di dalam toples yang berisi air biasa. Jenis sayuran sendiri bisa diganti, tergantung keinginan, tapi sayuran sawi yang sering digunakan.

Rasa manis juga terasa dalam mulut dalam suapan asinan. Ini terasa dari gula aren yang ditambahkan ke dalam asinan. Untuk Anda yang suka pedes bisa menambah sambel.

Yang membuat asinan ini khas selain rasa asin dari sayur sawi, tambahan kerupuk dan bumbu kacang tidak boleh terlewatkan. Kerupuk yang digunakan adalah kerupuk mie yang dibuat dari tepung beras.

Bumbu kacang yang digunakan berbeda dengan bumbu kacang pada gado-gado ataupun pecel. Bumbu kacang pada asinan adalah murni kacang tanah, tanpa campuran perasa apapun. Bumbu berasal dari kacang tanah yang dicampur dengan air, kemudian dihaluskan hingga kental.(adt)

Asinan Betawi Segar Sambal Kacang Kerupuk

Loading...

Related Post