Bansos Covid-19 DKI Mulai Tahun Depan Diganti BLT

Bansos Covid-19 DKI Mulai Tahun Depan Diganti BLT
ilustrasi (ist)
Editor : Potan Rumah Rakyat — Jumat, 4 Desember 2020 13:10 WIB
terasjakarta.id

Pemprov DKI Jakarta mulai tahun 2021 mengganti bantuan sosial (bansos) menjadi uang tunai. Hal itu sudah disepakati dengan DPRD DKI. 

“Semua fraksi sepakat agar bansos warga yang terdampak Covid-19 diganti dengan BLT (bantuan langsung tunai),” kata anggota Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta Syarif, Jumat (4/12/2020).

Pemberian BLT diusulkan karena dianggap lebih efektif penyalurannya dan bisa menghidupkan perekonomian warga di tempat tinggal mereka.

Bantuan tunai, kata dia, dianggap dewan lebih efektif karena tidak perlu biaya pengepakan hingga distribusi seperti bansos sembako dalam 7 bulan terkahir.

“Biaya pengepakan hingga pendistribusian logistik sembako cukup tinggi. Satu sembako butuh biaya Rp 8 ribu untuk pengepakan hingga distribusi,” ujarnya. “Hitung saja berapa biaya kalau ada lebih dari satu juta paket sembako yang dibagikan,” sambung Syarif.

Selain itu, pemberian bantuan tunai lebih mudah untuk mengawasinya karena terdapat audit keuangan oleh lembaga terkait. Namun, kata dia, pemberian bantuan tunai tidak mudah. Sebabnya baru sekitar 350 ribu warga yang mempunyai rekening Bank DKI. “Itu berdasarkan data pemilik KJP (Kartu Jakarta Pintar),” ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah DKI bakal kesulitan menerapkan bantuan tunai pada awal tahun depan. Sebabnya lebih dari 700 ribu keluarga belum mempunyai rekening untuk pendistribusian bantuan tunai tersebut.

Sejumlah fraksi di Kebon Sirih telah memberikan masukan kepada Pemerintah DKI. Salah satunya Fraksi Golkar yang menyarankan agar bantuan tunai dimulai setelah lebaran atau pada Mei atau Juni tahun depan.

“Jadi sebelum lebaran Pemprov DKI bisa menyiapkan seluruh kebutuhannya. Termasuk pembuatan rekening baru untuk penerima bantuan,” ujarnya.

Politikus Gerindra itu mengatakan sejauh ini Gubernur DKI Anies Baswedan maupun wakilnya Ahmad Riza Patria telah memberi sinyal positif untuk mengubah bansos sembako menjadi bantuan tunai. Adapun bansos yang diberikan tahun ini senilai Rp 149.500.

“Pemprov DKI sudah siap memberikan BLT. Seluruh fraksi DPRD pun sudah mendukung,” ujarnya.




Bansos Covid-19 DKI Tahun Depan BLT

Loading...

Related Post