Semua Puskesmas Di Depok Sudah Miliki Layanan Tes HIV

Semua Puskesmas Di Depok Sudah  Miliki Layanan Tes HIV
ilustrasi
Editor : Donald Berita Anda — Jumat, 4 Desember 2020 11:23 WIB
terasjakarta.id


Seluruh Puskesmas yang tersebar di 11 Kecamatan di Kota Depok kini telah menyedikan layanan gratis untuk tes pemeriksaan HIV. Jadi,  masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan bisa mendatangi puskesmas di tempat tinggalnya,

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyediakan layanan pemeriksaan HIV secara gratis di seluruh Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita di Balaikota Depok, Jumat 4/12) mengatakan, layanan pemeriksaan HIV secara gratis di puskesmas sesuai dengan Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 49 tahun 2014.

Menurut Novarita, terdapat beberapa layanan pemeriksaan HIV di Puskesmas. Antara lain layanan tes Komprehensif Terpadu (KT), layanan Infeksi Menular Seksual (IMS), dan Tes Inisiatif Petugas Kesehatan (TIPK) yang berada di 35 Puskesmas.

Lebih jauh Novarita menjelaskan,  layanan satelit Anti Retroviral Therapy (ART) ada di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas, UPTD Puskesmas Cipayung, dan UPTD Puskesmas Cimanggis. Kemudian, layanan Pusat Terapi Rumatan Methadon (PTRM) di UPTD Puskesmas Sukmajaya.

Selain itu juga tersedia layanan tes Pencegahan Penularan Ibu dan Anak (PPIA) di.Puskesmas Pancoran Mas. Lalu, Layanan Jarum Alat Suntik Steril (LJASS) di Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Kemiri Muka, danPuskesmas Rangkapan Jaya. "Penting untuk memeriksa kesehatan sejak dini," ucap Novarita seperti disadur dari Republika.co.id.

Kadinkes menjelaskan Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok telah melakukan tes HIV ke sebanyak 74 ibu hamil bertepatan pada peringatan Hari Aids Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Depok Jaya, Euis Eka Kurniati mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus HIV. Sebab, ibu hamil yang terpapar virus ini berisiko tinggi menularkan kembali kepada calon bayi. "Risiko penularan HIV pada bayi dapat diturunkan bila si ibu tidak segera mendapatkan pengobatan," ujar Euis.

Menurut Euis, hampir seluruh Puskesmas di Kota Depok menyediakan pelayanan pemeriksaan tes HIV. Termasuk Puskesmas Depok Jaya. "Di masa pandemi kami tetap jalankan pemeriksaan HIV untuk ibu hamil dan calon pengantin," terangnya.

Ketua Warga Peduli Aids (WPA) Kecamatan Panmas, Kota Depok, Rosanah menambahkan, hasil pemeriksaan HIV akan diberikan petugas Puskesmas melalui telepon seluler langsung kepada puluhan ibu hamil tersebut. Jika ada yang terindikasi virus ini, pihaknya akan menindaklanjuti dengan berbagai metode pengobatan.

Selain difasilitasi pemeriksaan kesehatan, sambungnya, para ibu hamil ini juga diberikan paket bingkisan berupa susu penambah nutrisi. Disamping itu, beberapa anak-anak yang orangtuanya sudah terpapar HIV juga mengikuti tes tersebut.

"Tahun ini memang kami upayakan agar ibu hamil bagian dari populasi kunci untuk dites HIV," katanya. (Donald)

 

Guna mendeteksi penyebaran HIV sejak awal Pemkot Depok sudah melengkapi semua puskesmas yang tersebar di 11 Kecamatan di Depok dengan layanan tes HIV.

Loading...

Related Post