Kue Tete, Jajanan Tradisional Khas Betawi Masih jadi Primadona 'Street Food'

Kue Tete, Jajanan Tradisional Khas Betawi Masih jadi Primadona 'Street Food'
ist
Editor : Potan Jakarta Food — Kamis, 3 Desember 2020 18:11 WIB
terasjakarta.id


Jakarta merupakan surga kuliner, baik kuliner tradisional maupun kuliner modern. Berbagai kuliner nusantara juga bisa ditemukan di Ibu Kota. Kamu tak akan kehabisan.

Nah, di antara kuliner dari berbagai daerah dan modern, makanan-minuman khas Betawi tak tersingkirkan. Kuliner Betawi mampu bertahan dan tetap menjadi primadona terutama oleh masyarakat Betawi sendiri.

Salah satu menu street food populer yaitu kue tete. Kue tete ini sebetulnya bernama kue ape. Kue bertekstur empuk dan renyah bagian pinggirnya ini disebut juga sebagai serabi Jakarta.

Yah.., kue tete merupakan salah satu jajanan tradisional khas Betawi yang juga dikenal dengan nama kue ape.

Meski begitu kue ini sebenarnya telah dapat ditemui di berbagai daerah. Kue tete memiliki tekstur empuk dan renyah di bagian pinggirnya.

Rasanya mirip seperti kue pancake dengan rasa manis-garing beraroma santan dengan warna hijau cerah.

Kue tete seringpula disebut sebagai serabi Jakarta. Bentuk kue ini melebar dan dibagian tengahnya menonjol lebih tebal. Mungkin bentuknya inilah yang menjadi asal mula penamaannya yang terkesan 'jorok'.

Kue ini populer sebagai menu street food ibu kota atau sekitarnya. Kue yang berbahan dasar tepung terigu, telur, santan dan gula ini nikmat sekali disantap dalam kondisi hangat.

Kue tete biasanya dijual oleh para pedagang keliling dengan gerobak berkaca. Kue ape yang berwarna hijau cerah dan disusun menumpuk selalu menarik perhatian pejalan kaki.

Kue ape dibuat dengan sederhana yaitu berbahan dasar tepung terigu. Selain itu ada bahan tambahan telur, santan, dan gula. Adonan encer kemudian dituang ke loyang berbentuk katel. Semua dimasak di atas gerobak.

Kue ape dijual sangat murah. Biasanya dijual beberapa biji untuk satu harga. Kalau kamu penyuka kuliner Betawi, kue tete yang enak ini wajib kamu coba.(adt)

Kue Tete Jajanan Tradisional Khas Betawi Street Food

Loading...

Related Post