Menko Polhukam Mahfud MD: Benny Wenda Itu Presiden di Negeri Ilusi, Rakyatnya Mana?

Menko Polhukam Mahfud MD: Benny Wenda Itu  Presiden di Negeri Ilusi, Rakyatnya Mana?
Menko Polhukam Mahfud MD (ist)
Editor : Donald Berita Anda — Kamis, 3 Desember 2020 15:52 WIB
terasjakarta.id

Jagad poltik Tanajh Air sempat dikejutkan dengan deklarasiyang dikumandangkan Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) pimpinan Benny Wenda.  Pasalnya, mereka telah  mendeklarasikan Papua Barat sebagai negara sendiri dan Benny Wenda adalah presiden sementaranya.

Menyikapi hal ini Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, klaim ULMWP dan Benny Wenda itu sangat absurd. Sebab, menurutnya, Benny Wenda hanya berandai-andai.

"Menurut kami, Benny Wenda ini membuat negara ilusi. negara yang tidak ada dalam faktanya. Negara Papua Barat itu apa?" kata Mahfud dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Kemenko Polhukam, Kamis (3/12). 

Menurut Mahfud,  pembentukan sebuah negara itu memiliki tiga syarat yakni memiliki rakyat dan wilayah yang dikuasai, serta terdapat pemerintahnya. Sedangkan Benny tidak memilikinya. 

"Rakyatnya siapa, dia memberontak. Wilayahnya kita menguasai. Pemerintah siapa yang mengakui dia pemerintah, orang Papua sendiri tidak juga mengakui," ujarnya. 

Ia menagaskan, Papua itu sudah final menjadi bagian NKRI melalui referendum 1969 yang disahkan Majelis Umum PBB. Menurutnya, PBB tidak mungkin membuat keputusan dua kali untuk hal yang sama. 

Apalagi mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyebut kalau Benny adalah seorang narapidana yang dijatuhi hukuman pidana selama 15 tahun karena tindakan kriminal. Namun Benny memilih kabur dan kehilangan kewarganegaraannya setelah diakui di Inggris. 

"Lalu bagaimana dia memimpin negaranya. Itu yang saya katakan negara ilusi yang dia bangun."

Sebelumnya, ULMWP membuat pernyataan sepihak pembentukan pemerintah sementara Republik West Papua dibuat oleh Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan  mengangkat Benny Wenda menjadi Presiden sementara. donald)

 

 


Jagad poltik Tanah Air sempat dikejutkan dengan deklarasiy ang dikumandang Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) pimpinan Benny Wenda. Mereka telah mendeklarasikan Papua Barat sebagai negara

Loading...

Related Post